Senin, 10 Agustus 2020 05:31

Rekap Pilkada Surabaya Tingkat Kecamatan Selesai: Risma-Whisnu 86,35%, Rasiyo-Lucy 13,65%

Rabu, 16 Desember 2015 01:08 WIB
Rekap Pilkada Surabaya Tingkat Kecamatan Selesai: Risma-Whisnu 86,35%, Rasiyo-Lucy 13,65%

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tim Pemenangan Risma-Whisnu merampungkan rekapitulasi seluruh kecamatan. Hasilnya, pasangan petahana mendulang dukungan suara sebanyak 86,35%, sedangkan pasangan Rasiyo–Lucy 13,65%.

"Hasil penghitungan kami di 31 kecamatan, kemarin sudah tuntas. Pasangan Risma–Whisnu memperoleh dukungan suara sebanyak 86,35 persen, dan pasangan Rasiyo–Lucy mendapatkan suara 13,65 persen," ungkap Ketua Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPC PDIP Surabaya, Sukadar, Selasa (15/12).

Dia menambahkan, rekapitulasi di KPU pada hari ini (16/12) akan berjalan lancar. Sebab hanya memverifikasi hasil rekapitulasi perolehan suara, berapa pengguna hak suara, kemudian berapa orang yang datang ke TPS yang menggunakan kartu pemilih.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya segera menggelar rekapitulasi suara ditingkat kota, hari ini (16/12). Menurut Komisioner KPU Kota Surabaya, Bidang Hukum, Pengawasan, dan SDM, Purnomo Satriyo Pringgodigdo, proses rekapitulasi via streaming baru digelar tahun ini.

“Nantinya, proses yang dilakukan secara manual bisa dicocokkan dengan hasil yang telah masuk dalam situs resmi,” kata dia. Dikatakan dia, rekapitulasi via streaming tersebut juga termasuk dari data perolehan suara kelompok difabel. ’’Kita bisa melihat tingkat partisipasi pemilih disabilitas dalam Pilwali tahun ini,’’ imbuh Purnomo.

Menurut dia, ada peningkatan partisipasi pemilih dari disabilitas. Yakni, dari 1500 jumlah pemilih yang terdata, sekitar 782 pemilih telah menyalurkan hak suaranya. Hal tersebut juga termasuk yang akan dihitung secara manual maupun melalui via live streaming di tingkat kota.

’’Ini termasuk yang pertama di Indonesia. Sehingga nantinya, jika sudah cocok data dari dua rekapitulasi tersebut bisa langsung diserahkan ketingkat propinsi,’’ pungkas alumnus Universitas Brawijaya Malang ini.

Di sisi lain, KPU Surabaya akhirnya mengakui tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilwali Tahun ini tak mencapai target. Padahal, penyelenggara Pilkada Surabaya ini memasang target mencapai 73 persen dari partisipasi masyarakat. Namun, fakta yang terlihat hanya mampu mencapai 52,17 persen. (lan/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...