Pesona Edelweiss Jawa, si Bunga Abadi yang Tumbuh di Puncak Kelud

Pesona Edelweiss Jawa, si Bunga Abadi yang Tumbuh di Puncak Kelud Pesona bunga edelweiss yang tumbuh di sekitar kawah di Puncak Gunung Kelud. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Selain menawarkan keindahan alam dan kawahnya, pesona Gunung Kelud semakin lengkap dengan tumbuhnya bunga edelweiss di belantara bebatuan vulkanik di gunung teraktif di Pulau Jawa tersebut.

Anaphalis javanica, nama ilmiah bunga edelweiss jawa adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Nusantara. Tumbuhan ini sekarang dikategorikan sebagai tumbuhan langka.

Edelweiss merupakan tumbuhan pelopor bagi tanah vulkanik muda di hutan pegunungan dan mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya di atas tanah yang tandus. Bunga ini mampu membentuk mikoriza dengan jamur tanah tertentu yang secara efektif memperluas kawasan yang dijangkau oleh akar-akarnya dan meningkatkan efisiensi dalam mencari zat hara.

Pesona dan keindahan bunga edelweiss di puncak Gunung Kelud, tentu bisa memikat para pengunjung untuk memetiknya. Namun, papan larangan untuk memetik bunga langka itu, sudah terpasang di sana-sini.

Simak berita selengkapnya ...