Dipicu Hibah Museum SBY - Ani, Hubungan F-PDI Perjuangan dan F-PD Tegang

Dipicu Hibah Museum SBY - Ani, Hubungan F-PDI Perjuangan dan F-PD Tegang Proses pembangunan Museum dan Gallery SBY - Ani Yudhoyono di Pacitan saat ditinjau Gubernur Khofifah pada bulan Oktober 2020 lalu. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hibah Pemprov Jawa Timur ke Yudhoyono Foundation untuk pembangunan Museum & Gallery SBY - Ani Yudhoyono di memicu ketegangan antara Fraksi PDI Perjuangan dan Fraksi Partai Demokrat di DPRD Jatim. Pasalnya, Fraksi PDI Perjuangan mengkritik bantuan hibah pemprov tersebut.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim, Sri Subiati pun angkat bicara. Menurut politikus asal ini, pihaknya merasa heran atas sorotan Fraksi PDI Perjuangan Jatim terkait bantuan dana hibah sebesar Rp 9 miliar untuk pembangunan Museum SBY dan Gallery ArtAni di .

“Kok pemberian bantuan tersebut disorot. Di mana salahnya dan tujuannya untuk mengangkat perekonomian dengan menciptakan sebuah destinasi wisata baru skala nasional di ,” kata Sri Subaiti, Kamis (18/2/2021).

Ia menegaskan, selama ini Partai Demokrat tak pernah mempersoalkan pemugaran Museum Bung Karno di Blitar yang menelan angka biaya kisaran Rp 40 miliar.

“Pemugaran Museum Bung Karno di Blitar dan Museum SBY - Ani di juga sama-sama dapat bantuan keuangan dari pemerintah. Justru pemugaran Museum Bung Karno menelan angka Rp 40 miliar. Lalu tiba-tiba Museum SBY - Ani yang mendapat bantuan Rp 9 M disebut menyakiti hati rakyat. Tentunya ini pemahaman yang sempit,” tegas bendahara DPD PD Jatim ini.

Partai Demokrat, kata Antie sapaan akrabnya, tidak pernah mempersoalkan adanya mantan presiden sebagai bentuk menghargai dan menghormati kebijakan daerah “tempat presiden dilahirkan“.

“Kalau Partai Demokrat mendirikan Museum SBY - Ani di tentunya wajar karena di sana Pak SBY dilahirkan,” bebernya.

Adapun Museum Kepresidenan SBY dan Gallery Seni Ani tersebut nantinya akan berisikan sejarah perjalanan hidup SBY sebagai Presiden RI ke-6.

“Di sana akan diisi diorama dan koleksi perjalanan hidup Pak SBY mulai karir awal, hingga memimpin RI selama dua periode. Semua harus mengakui kalau Pak SBY dua periode berhasil memimpin Indonesia. Sama dengan Museum Bung Karno yang nantinya mengingatkan perjuangannya untuk negara ini bagi generasi penerus. Begitu juga dengan Museum SBY - Ani juga akan menceritakan keberhasilan Pak SBY memimpin negara ini bagi generasi penerus,” katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO