Senin, 01 Maret 2021 08:01

​Ikhtiar Batin Keluar dari Pandemi, DPRD Jatim Bakal Gelar Istigasah

Jumat, 22 Januari 2021 20:30 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
​Ikhtiar Batin Keluar dari Pandemi, DPRD Jatim Bakal Gelar Istigasah
Andik Fajar Tjahjono, Sekretaris DPRD Jawa Timur. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk menghadapi pandemi Covid-19. Upaya lahir berupa preventif dan kuratif dilakukan secara maksimal oleh Pemprov bersama DPRD Jawa Timur sebagai representasi pemerintah daerah. Kini, upaya batin pun dilakukan dengan menggelar istigasah dan doa bersama supaya pandemi segera berlalu atas kuasa Allah SWT.

Sekretaris DPRD Jatim Andik Fajar Tjahjono mengatakan bahwa ide penyelenggaraan istigasah dan doa bersama rutin mingguan itu berasal dari pimpinan DPRD Jatim. Alasannya, usaha lahir sudah dilakukan sehingga sebagai orang yang beragama tentu sudah sepatutnya juga melakukan upaya batin, dengan meminta pertolongan dari Allah SWT.

"Ide itu disampaikan pimpinan beberapa hari lalu dan meminta saya untuk segera menyiapkan pelaksanaan istigasah dan doa bersama di DPRD Jatim," kata Andik Fajar Tjahjono saat dikonfirmasi, Jumat (22/1/2021).

Dalam rapat penyiapan pelaksanaan istigasah, kata Andik, disepakati akan dilaksanakan pada Kamis (11/2/2021) petang, usai salat jamaah Magrib.

"Kita siapkan di Lobby DPRD Jatim karena ruangannya terbuka dan cukup memuat sekitar 50 orang," jelas pejabat eselon II Pemprov Jatim ini.

Pelaksanaan istigasah itu nanti tetap harus mematuhi protokol kesehatan, sehingga dibatasi undangan yang hadir tidak lebih dari 50 orang saja. "Sedangkan untuk anggota DPRD Jatim yang tidak hadir maupun karyawan sekretariat DPRD Jatim akan kita fasilitasi melalui Zoom Meeting," terangnya.

Dia mengaku belum memutuskan siapa saja nantinya yang akan diundang serta siapa yang akan memimpin istigasah dan doa bersama karena akan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada pimpinan DPRD Jatim.

"Hasil rapat persiapan ini akan kami sampaikan ke pimpinan DPRD Jatim, sekaligus minta masukan siapa saja yang perlu diundang. Apakah hanya anggota DPRD Jatim atau melibatkan Forkopimda Jatim," kata Andi Fajar Tjahjono.

Selain istigasah, lanjut Andi, atas masukan pimpinan DPRD Jatim pihaknya juga akan melaksanakan doa bersama setiap minggu yang kemungkinan dilaksanakan di musala DPRD Jatim.

"Soal hari dan waktu pelaksanaan akan kita rapatkan lagi. Yang terpenting, dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini selain usaha lahir kita juga perlu ikhtiar batin melalui doa kepada Allah SWT bagi yang beragama Islam," pungkasnya. (mdr/zar)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 28 Februari 2021 10:23 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE com - Rakyat Indonesia sudah lama menunggu karya anak bangsa. Dalam segala bidang. Termasuk vaksin. Agar tak selalu tergantung pada bangsa lain.Nah, saat semua negara panik karena pandemi Covid-19, lahir vaksin nusantara, karya...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...