Open Informasi, Pemkot Madiun Raih Anugerah Komisi Informasi Award

Open Informasi, Pemkot Madiun Raih Anugerah Komisi Informasi Award Wali Kota Madiun Maidi saat memberikan pengarahan dalam acara PPID Award dan refleksi akhir tahun.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Di penghujung tahun 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun meraih penghargaan dalam anugerah Komisi Informasi (KI) Award tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2020. Yakni, sebagai Penyedia Layanan Informasi Terbaik kategori kota/kabupaten.

Dalam kategori tersebut, Kota Madiun mengalahkan dua nominator lain, yakni Kabupaten Sidoarjo dan Lumajang.

Selain itu, Kota Madiun juga berhasil meraih penghargaan sebagai Badan Publik Menuju Informatif dengan nilai 80-96 kategori kota/kabupaten tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2020. Serta, menjadi nominator dalam kategori Penyedia Informasi Berkala Terbaik.

Wali Kota Madiun, Maidi mengatakan, penghargaan ini merupakan buah dari keterbukaan yang selama ini diterapkan pemkot. Artinya, semua kegiatan bisa diakses karena masyarakat memiliki hak untuk mendapat suatu informasi. Termasuk APBD kota, peruntukannya, realisasinya, dan segala program termasuk pekerjaan proyek.

"Program-program tidak ada yang ditutupi. Termasuk masalah anggaran, mengerjakan proyek A anggarannya berapa, hasilnya seperti apa, masyarakat boleh melihat dan menilai. Sehingga pejabat itu melayani bukan dilayani. Salah satunya ya melayani informasi publik. Maka masyarakat butuh informasi apa, semuanya kita sampaikan, tidak ada yang kita tutup-tutupi,” ungkap Maidi usai menghadiri PPID Award Kota Madiun dan refleksi akhir tahun 2020 di GCIO Diskominfo, Selasa (8/12/20).

Maidi mengakui, ada sejumlah OPD-nya yang tidak terbuka sepenuhnya. Sebab, prinsip keterbukaan menurutnya bukan berarti blak-blakan. Meski begitu, setiap masyarakat yang menginginkan informasi tersebut bisa dilayani. Karena pemkot bekerja berdasarkan aturan yang ada.

“Saya kira bahwa pemerintah ini bekerja komandannya aturan. Kalau itu sudah dilakukan, saya kira nggak ada yang perlu dikhawatirkan,” ucapnya.

Adapun dalam acara PPID Award Kota Madiun tahun 2020, untuk PPID terbaik kategori OPD diberikan kepada BPBD. Untuk kategori kelurahan, terbaik satu diraih Kelurahan Oro-Oro Ombo. Kemudian, admin PPID kategori inspiratif diraih Ahmadi dari BPBD Kota Madiun. (hen/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO