Jumat, 23 Oktober 2020 12:44

Pemkab Pasuruan Pastikan Anggaran Kelurahan Bisa Diserap

Kamis, 10 September 2020 16:27 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Habibi
Pemkab Pasuruan Pastikan Anggaran Kelurahan Bisa Diserap
Ilustrasi.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Alokasi dana kelurahan yang disiapkan Pemkab Pasuruan sejak tahun 2019 hingga tahun 2020 belum terserap maksimal. Dana miliaran rupiah yang ngendon itu jadi sorotan Komisi I DPRD dalam pembahasan P-APBD.

Terkait hal ini, Pemkab Pasuruan berdalih dana tersebut tidak terserap lantaran ada kekeliruan dalam memasukkan kode rekening. Imbasnya, program dan kegiatan pelayanan kepada masyarakat yang sudah dicanangkan tidak bisa terlaksana.

Menurut keterangan Ridho Nugroho, Kabag Tata Pemerintahan yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Dana Kelurahan yang dianggarkan di tahun 2019 - 2020 sudah dirancang sesuai dengan regulasi yang ada, baik Permendagri nomor 130 tahun 2018. Di antaranya, besaran anggaran adalah 5 persen dari APBD setelah dikurangi dana alokasi khusus, ditambah DAU Tambahan yang ditetapkan.

Namun, Ridho mengakui adanya  kekeliruan menginput kode rekening di bagian keuangan. Imbasnya, anggaran yang sudah dialokasikan tidak bisa terserap.

Menyikapi hal ini, lanjut Ridho, Pemkab Pasuruan akhirnya mengambil kebijakan untuk menunda sementara beberapa kegiatan yang sudah direncanakan oleh kelurahan. "Langkah ini dilakukan sebagai bentuk kehati-hatian dalam penggunaan anggaran, agar tidak terjadi masalah hukum di kemudian hari," ujar Ridho.

"Dari hasil rapat kerja dengan para camat, dana kelurahan dipastikan bisa diserap tahun ini, karena sudah dibahas bersama dengan Komisi I saat pembahasan P-APBD kemarin," urainya.

Terpisah, Plt. Camat Bangil, Tektano Jati yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com mengklaim tidak ada masalah dengan anggaran dana kelurahan di 11 kelurahan wilayah Bangil.

"Permsalahannya hanya ada kekeliruan saat menginput kode rekening saja. Termasuk juga soal SK Pokmas selaku pelaksanan kegiatan sarana dan prasarana pembangunan, mereka tidak harus mengantongi SK Kemenkumham, akan tetapi cukup menggunakan SK dari Lurah," paparnya.

"Dana kelurahan di 11 kelurahan bisa diserap untuk kegiatan yang sudah rencanakan,  seperti pemberdayaan masyarakat atau kegiatan pembangunan sarana dan prasarana," jelas pria yang juga menjabat kepala BPBD ini. 

Sekadar diketahui, sesuai dengan Permendagri nomor 130 tahun 2018 anggaran dana kelurahan digelontorkan oleh Pemerintah Pusat. Untuk Kabupaten Pasuruan, tiap-tiap setidaknya mendapatkan alokasi anggaran kurang lebih Rp 1 miliar per tahun. Jika dikalkulasi jumlah kelurahan di Kabupaten Pasuruan ada 24 ,maka total dana yang digelontorkan Rp 24 miliar. (bib/par/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 19 Oktober 2020 22:35 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri ternyata memiliki air terjun yang luar biasa indahnya. Namanya Air Terjun Ngleyangan. Sayangnya, untuk mencapai air terjun yang konon pernah dijadikan tempat bertapa Raja Kediri itu, sangat sulit ...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Jumat, 23 Oktober 2020 10:38 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...