Sabtu, 26 September 2020 08:56

3 Fraksi Kritisi Rancangan Perubahan APBD

Senin, 10 Agustus 2020 23:11 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
3 Fraksi Kritisi Rancangan Perubahan APBD

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Bangkalan menyampaikan pandangan umum terhadap nota pengantar perubahan APBD tahun anggaran 2020 dalam paripurna yang digelar di gedung DPRD setempat, Senin (10/8/2020).

Rapat paripurna terbuka untuk umum ini dihadiri oleh Wakil Bupati Bangkalan Drs. Mohni, Ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad, fraksi, dan beberapa pempinan OPD terkait.

Dari tujuh fraksi yang ada, 3 di antaranya membacakan pandangan umum, yakni Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB), Fraksi gabungan PAN dan Golkar, serta Fraksi gabungan PKS dan Hati Nurani. Sementara 4 Fraksi lainnya, yakni Gerindra, PPP, PDIP, dan Demokrat tidak membacakan Pandangan Umumnya.

Dalam pandangan umumnya, F-PKB menyoroti perihal turunnya proyeksi Kapasitas Fiskal Daerah Pemerintah Kabupaten Bangkalan tahun 2021.

"Rendahnya proyeksi penerimaan daerah yang bersumber dari PAD dan BHP tahun anggaran 2020 perubahan, hal ini akan berakibat pada turunnya Klasifikasi Pengelompokan Kemampuan Keuangan Daerah," ujar Ahmad Fauzi, Juru Bicara Fraksi PKB.

Sementara fraksi Keadilan Hati Nurani menyorot data asumsi pertumbuhan ekonomi dan inflasi dalam Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Bangkalan TA 2020 yang dinilai tidak empirik dan kontradiksi dengan data BPS Jatim Tahun 2020.

Dalam Rancangan P-APBD tersebut, pada Kuartal-I Tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bangkalan diprediksi mencapai 4,5%-4,7% dan inflasi sebesar 4,51%. Data ini disebut tidak berdasarkan hasil survei empirik Bappeda dan BPS Bangkalan, sehingga kontradiksi dengan data BPS Provinsi Jawa Timur.

"Sebab menurut BPS Provinsi Jawa Timur, pertumbuhan ekonomi Triwulan-I Tahun 2020 Provinsi Jawa Timur hanya sebesar 3,04 persen, dan inflasi Kuartal-II Tahun 2020 sebesar 0,28 persen," papar Subaidah, Juru Bicara Fraksi Keadilan Hati Nurani.

Sedangkan dari Fraksi Amanat Golongan Karya meminta biaya belanja pegawai yang mencapai Rp 1,105 triliun dikurangi. Sebab, angka itu setara dengan 50,98 persen APBD.

"Angka ini tidak sesuai dengan arahan presiden. Ada kelebihan 0,98 persen. Jadi kami minta pengurangan belanja pegawai. 0,98 persen itu setara dengan 10 miliar 832 juta rupiah. Lebih baik, alihkan dana tersebut pada belanja daerah untuk penanganan Covid-19," tutur Juru Bicara Fraksi Amanat Golongan Karya, Fauzi Ahmad.

Menanggapi penyampaian dari masing-masing fraksi ini, Wabup Mohni mengaku akan melakukan evaluasi bersama tim terkait perbedaan pandangan yang disampaikan oleh masing-masing fraksi.

"Akan kami evaluasi, dan secara detail akan kami sampaikan pada di rapat paripurna selanjutnya", pungkasnya. (uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...