PSBB Resmi Dimulai, Puluhan Bus Jurusan Blitar-Surabaya Setop Beroperasi

PSBB Resmi Dimulai, Puluhan Bus Jurusan Blitar-Surabaya Setop Beroperasi Suasana Terminal Patria Kota Blitar sepi pasca pemberlakuan PSBB karena bus setop beroperasi.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Puluhan bus tujuan Terminal Bungurasih (Purabaya), Waru, Sidoarjo yang berangkat dari Terminal Patria setop beroperasi. Hal ini menyusul mulai diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik.

Ada 2 perusahaan otobus (PO) yang telah melayangkan surat pemberitahuan berhenti beroperasi. Kedua PO itu adalah PO Harapan Jaya dan Bagong. Dua perusahaan bus ini, memiliki trayek Blitar-Jombang-Bungurasih Surabaya.

"Pemberitahuan dari PO Harapan Jaya dan Bagong, sudah dikirimkan kemarin, Senin (27/4/2020) malam. Jadi, mulai Selasa (28/4/2020) sampai 11 Mei 2020, mereka berhenti beroperasi," ungkap Kepala Terminal Tipe A Patria , Verie Sugiharto, Selasa (28/4/1/2020).

Jumlah total armada bus yang berhenti beroperasi sementara, sebanyak 41 armada. Untuk Bus Bagong, sebanyak 17 armada. Sedangkan Bus Harapan Jaya, menghentikan 15 armada via tol dan 9 armada via Jombang.

Dengan tidak beroperasinya bus jurusan Surabaya itu, maka hanya tersisa bus jurusan Malang, Tulungagung, dan Nganjuk yang berangkat dari Terminal Patria .

"Kedua perusahaan bus Antarkota Dalam Propinsi (AKDP) itu berhenti beroperasi, setelah terbitnya Peraturan Gubernur Jawa Timur No 18 Tahun 2020 Tentang Pedoman PSBB Dalam Penanganan . Serta Surat Edaran (SE) Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur No 551.21/2988/113.4/2020 Tentang Larangan Operasional Angkutan Umum Trayek Asal Tujuan Wilayah PSBB di Jawa Timur," jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan , Priyo Suhartono, mengatakan Dishub berkoordinasi dengan pihak Terminal Tipe A Patria untuk melakukan pengawasan dan melaporkannya kepada Dishub Provinsi Jatim.

"Kalau pun nekat, mereka akan diminta putar balik sebelum sampai tujuan di Sidoarjo, Surabaya, dan Gresik," tegas Priyo. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO