Minggu, 24 Januari 2021 10:34

Kali Lamong Meluap, Ribuan Rumah di Gresik Terendam

Jumat, 19 Desember 2014 18:14 WIB
Editor: Revol
Wartawan: Syuhud

GRESIK (BangsaOnline) - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Mojokerto dan Jombang, mengakibatkan Kali Lamong meluap, Jumat (19/12/2014), dini hari. Akibat luapan anak sungai Bengawan Solo tersebut sedikitnya ribuan rumah yang tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Benjeng dan Balongpanggang terendam setinggi sekitar 1 meter.

Di Kecamatan Benjeng, banjir menenggelamkan sekitar 14 desa. Di antaranya Desa Sedapurklagen, Delik Sumber, Kedung Rukem, Munggugianti, Lundo, Kali Padang, Bulu Rejo,dan Karangan Kidul.

Sedangkan, di Kecamatan Balongpanggang yaitu Desa Wotan Sari, Sekarputih, Pucung, Banjar Agung, Balongpanggang dan Karang Semanding.

Selain itu, banjir luapan Kali Lamong juga merendam ratusan hektar areal persawahan padi. Kebanyakan areal padi baru berusia 0,5 bulan. Jika banjir itu cukup lama merendam areal persawahan tersebut, maka bisa dipastikan petani di 2 kecamatan itu mengalami puso (gagal penen).

Sementara Bupati-Wabup, Sambari Halim Radianto-Moch Qosim beserta pejabat terkait, seperti Kepala Pelaksana BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Abu Hasan mengunjungi para korban banjir, Jumat (19/12/2014).

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan kepada masyarakat agar sabar menghadapi banjir. Dan meminta masyarakat selalu waspada. "Kami terus berupaya maksimal untuk menanggulangi bencana banjir ini," kata Bupati didampingi Wabup.

Ditegaskan Bupati, Pemkab Gresik berjanji akan menangani permasalahan banjir dengan mengkoordinasikan seluruh instansi terkait yaitu, BPBD, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Sosial, Dinas Pertanian serta beberapa SKPD lain.

"Kami akan meminimalisir dampak banjir dengan mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada pada Pemerintah Kabupaten Gresik. Termasuk mengkoordinasikan keadaan ini dengan instansi terkait," janjinya.

Bupati menambahkan, banjir Luapan Kali Lamong merupakan banjir kiriman dari kabupaten tetangga seperti Mojokerto dan Jombang. Jika daerah tersebut tidak ada hujan deras lagi banjir akan cepat surut. "Saya yakin tidak lama akan surut," pungkas Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati-Wabup membagikan daging bantuan dari Australia kepada korban banjir di Desa Kedungrukem Kecamatan Benjeng. Korban banjir terlihat antusias menerima bantuan yang baru kali pertama diberikan kepada para korban banjir.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD, Abu Hasan menambahkan, banjir datang akibat luapan Kali Lamong terjadi mulai Jumat (19/12) sekitar pukul 05.00 WIB. Meluapnya air kali Lamong akibat tidak tertampungnya lagi air yang datang dari wilayah selatan seperti Mojokerto, Jombang dan Lamongan.

"Air yang menggenangi Gresik kali ini merupakan banjir kiriman. Setiap hujan deras terus menerus di wilayah selatan Gresik, maka dipastikan Gresik akan banjir," katanya.

BPBD menurut Hasan, telah menyiapkan bantuan ribuan paket sembako. Paket sembako itu masing-masing berisi beras 5 kg, gula 1 kg, minyak goreng 1 liter, mie instan 5 bungkus serta kecap dan saus.

"Bantuan langsung kami salurkan kepada para korban banjir, BPBD juga berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Gresik untuk kemungkinan mendirikan posko kesehatan atau mengantisipasi penyakit pasca banjir, " sambungnya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...