Selama 2019, 16 Nyawa Melayang Karena Bunuh Diri di Blitar

Selama 2019, 16 Nyawa Melayang Karena Bunuh Diri di Blitar Kapolres Blitar Kota AKBP Leonard M Sinambela.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Tahun 2019 memiliki catatan merah angka bunuh diri yang terjadi di wilayah hukum Polres Kota. Tercatat sepanjang 2019 lalu ada 16 orang yang mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

Jumlah ini meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2018. Dimana pada tahun 2018, sepanjang tahun hanya tercatat sebanyak 8 kasus bunuh diri.

Dalam catatan kepolisian, jumlah tersebut tersebar di enam kecamatan di wilayah hukum Polres Kota. Di antaranya dua kasus di Kecamatan Sananwetan, dan tiga kasus di Kecamatan Sukorejo Kota . Kemudian, dua kasus di Sanankulon, satu kasus di Ponggok, empat kasus di Udanawu, dan empat kasus di Srengat Kabupaten .

"Laporan dugaan bunuh diri langsung kami cek di TKP. Apakah korban benar-benar bunuh diri, atau korban pembunuhan, atau ada penyebab lain. Nah, yang sudah kami cek dan dinyatakan murni korban bunuh diri di wilayah hukum Polres Kota ada 16 kasus selama 2019," ungkap Kapolres Kota AKBP Leonard M Sinambela, Kamis (2/1/2020).

Paling banyak bunuh diri dilakukan dengan cara gantung diri. Dari keterangan saksi, korban biasanya nekat mengakhiri hidup karena didera sakit yang tak kunjung sembuh serta masalah ekonomi.

"Faktornya bisa terkait sakit tak kunjung sembuh. Ada pula yang karena masalah ekonomi," imbuhnya.

Untuk mencegah terjadinya hal serupa, pihaknya mengaku bakal segera melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah. Baik Pemkab maupun Pemkot . Selain itu, Polres Kota juga telah memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas untuk melakukan pencegahan bunuh diri. Dengan cara melakukan penyuluhan dan memberi edukasi kepada masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

"Ini persoalan sosial yang perlu dicermati. Kami akan berkoordinasi dengan Pemkab dan Pemkot . Serta memberi penyuluhan kepada masyarakat sekitar untuk lebih peduli terhadap lingkungan, keluarga dan kerabat," pungkasnya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Digiring Maling, Ratusan Bebek Milik Warga di Blitar Raib':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO