Jumat, 03 Juli 2020 19:34

KPU dan Bawaslu Berpotensi Konflik

Senin, 09 Desember 2019 12:40 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
KPU dan Bawaslu Berpotensi Konflik
Kordiv SDM dan Parmas KPU Provinsi Jatim, Gogot Cahyo Baskoro. (foto: Yuniardi Sutondo/BO)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sesama penyelenggara pemilu, antara Bawaslu dan KPU tak menutup kemungkinan akan terjadi konflik karena adanya sejumlah pihak yang memanfaatkan media sebagai alat untuk memperuncing suatu masalah. Hal ini disampaikan Kordiv SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, saat memberikan sambutan di acara rapat evaluasi gugus pengawasan dan pemantauan pemberitaan penyiaran dan iklan kampanye 2019 bertempat di salah satu hotel di Surabaya, Senin (9/12).

"Oleh sebab itu, KPU dan Bawaslu serta media harus bersinergi. Tidak ada lembaga penyelenggara pemilu dan media yang berkeinginan untuk menggagalkan sebuah proses pemilu," kata Gogot.

Mantan penyiar sebuah stasiun radio swasta di Surabaya ini meminta kepada lembaga penyelenggara pemilu agar menyampaikan informasi yang sesungguhnya ke masyarakat.

"Namun, bukannya semua informasi harus disampaikan ke publik. Apalagi yang menyangkut aib personal ataupun kelembagaan. Yang terpenting selalu jaga keharmonisan baik dengan lembaga penyelenggara pemilu dan media," pintanya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kordiv Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Provinsi Jatim Purnomo Satrio Pringgodigdo mengungkapkan, bahwa selama penyelenggaraan pemilu tahun 2019 setidaknya ditemukan sebanyak 12.580 dugaan pelanggaran.

Dari jumlah tersebut, 12.453 di antaranya ditemukan oleh pengawas desa, kecamatan, dan kabupaten/kota. "Kita tindak lanjuti dan ada empat putusan yang ditetapkan. Baik sanksi administrasi, teguran tertulis serta sanksi administrasi lainnya," jelasnya.

Menurut dia, di Jatim ada enam media yang melakukan pelanggaran iklan kampanye. Mayoritas, karena mereka tidak memahami tahapan yang ada.

"Jadi mereka hanya sekadar menawarkan ke caleg, namun tanpa memperhatikan tahapan kampanye yang ada. Karena itu, ke depan hal tersebut bisa lebih diminimalisir dengan lebih memperhatikan tahapan yang akan ditetapkan," tuturnya. (yun/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Rabu, 01 Juli 2020 09:19 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan al...