Selasa, 10 Desember 2019 17:04

Cegah Truk-truk Nakal, Dishub Gresik akan Portal Jalan di Wilayah Dukun

Minggu, 03 November 2019 16:15 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Cegah Truk-truk Nakal, Dishub Gresik akan Portal Jalan di Wilayah Dukun
Petugas Lantas Polres Gresik bersama Dishub saat merazia dump truck pemuat tambang di wilayah Dukun. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kecelakaan dump truck yang merenggut 2 korban jiwa di Jalan Raya Tebuwung Kecamatan Dukun, langsung disikapi Dinas Berhubungan (Dishub) Gresik.

Rencananya, Dishub akan melakukan pemasangan portal di jalan kelas tiga milik kabupaten yang berada di Kecamatan Dukun awal tahun 2020. Hal ini disampaikan Kepala Dishub Nanang Setiawan.

Hal itu menyusul banyaknya keluhan masyarakat Dukun dan sekitarnya. Bahwa, banyak kendaraan angkutan barang yang melintas tak sesuai izin jalan di buku uji KIR, serta banyak ditemui kendaraan melebihi tonase. "Pada intinya saya setuju (pasang portal) di Dukun," katanya kepada wartawan, Ahad (3/11).

Nanang menyatakan, Dishub saat ini gencar melakukan operasi kendaraan angkutan barang. Dari hasil operasi itu, petugas memang mendapati banyak kendaraan yang melebihi tonase. Bahkan dalam operasi terakhir, banyak ditemukan dump truck yang tidak memperpanjang buku kir serta kelengkapan kendaraan lain.

"Fakta dengan operasi tilang tidak jera, dan selalu kucing-kucingan dengan petugas. Portal lebih aman dari tindakan pelanggaran sopir dump truck nakal," jelas mantan Kabag Umum ini.

Nanang menargetkan jika pemasangan portal di wilayah Dukun dilakukan tahun depan, hal ini menyusul rekomendasi dari Forum LLAJ dan Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) yang punya tugas dan fungsi existing jalan kabupaten. 

Dari laporan hasil rapat terakhir dari kabid mungkin awal tahun. Nanti portalnya bisa di jalan masuk pertigaan Golokan Kecamatan Sidayu atau ruas pertigaan Dukun masuk Desa Lasem dan dari arah Sawo ke Lowayu," terangnya.

Sementara Kabid Angkutan dan Kelalulintasan Dishub Gresik, Rony Soebiyantoro mengatakan dalam razia terakhir yang digelar bersama Satlantas, pihaknya menemukan kendaraan yang tidak memperpanjang buku uji KIR.

Sebelumnya, pihaknya sudah berulang kali melakukan razia, tetapi para sopir masih saja membandel. Bahkan, pihaknya mendapati kendaraan yang tak pernah melakukan uji KIR selama 14 tahun. "Setelah kami lihat dan kami periksa, ternyata buku uji KIR ada yang tidak membawa. Ada juga yang bawa buku tapi sudah mati 14 tahun. Selain itu juga ada kendaraan yang melebihi tonase serta ijin jalan kelas dua namun melintas di jalan kelas tiga," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...