Senin, 26 Agustus 2019 10:51

Sosialisasikan Kawasan Bebas Asap Rokok di Sekolah, Dinkes Kunjungi SMKN 2 Ngawi

Kamis, 18 Juli 2019 01:04 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
Sosialisasikan Kawasan Bebas Asap Rokok di Sekolah, Dinkes Kunjungi SMKN 2 Ngawi
Kabid P2P Dinas Kesehatan Ngawi drg. Endah Pratiwi saat sosialisasi.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi mulai mengampanyekan kawasan bebas asap rokok di sekolah-sekolah. Sosialisasi tersebut sebagai tindak lanjut amanat Perbup no 14 tahun 2019 tentang kawasan tanpa asap rokok.

Dalam momen dimulainya tahun ajaran baru ini, Dinas Kesehatan Kab Ngawi khususnya Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) tidak mau melewatkan dengan sasaran siswa siswi sekolah. Pada hari Rabu (17/07), tim dari P2P mendatangi sekolah SMKN 2 Ngawi. 

Menurut keterangan Kabid P2P Dinas Kesehatan Ngawi drg. Endah Pratiwi, kehadiran timnya di sekolahan tersebut atas undangan dari sekolah untuk mengisi materi dalam acara masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS).

"Kita mengisi diacara MPLS ini karena permintaan dari pihak sekolah," jelas Endah Pratiwi saat ditemui BANGSAONLINE.com.

Sebanyak 500 siswa siswi dari SMKN 2 Ngawi itu mendapatkan pengarahan dari tim Dinas Kesehatan tentang bahaya merokok serta larangan merokok di tempat umum. Dengan penuh keseriusan, para pelajar baru di SMKN 2 tersebut mendengarkan apa yang disampaikan oleh pemateri.

Selain menjelaskan bahaya rokok bagi kesehatan, pemateri juga menyosialisasikan larangan merokok di tempat umum. "Materi yang kita sampaikan tentang bahayanya merokok serta mensosialisasikan kawasan tanpa asap rokok," terang Endah Pratiwi.

Usai pelaksanaan MPLS, Endah juga menyarankan pada pihak sekolah untuk menyosialisasikan kawasan tanpa asap rokok, dan salah satunya menyediakan ruangan khusus bagi guru yang merokok.

Menurut penjelasan dari Endah bahwa sekolah yang menerapkan kawasan bebas asap rokok di Ngawi baru menyentuh angka 54%. (nal/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...