Data Simpang Siur, Dinkes Pacitan Rilis 1085 Penderita Hepatitis A, Imbau Masyarakat Tak Khawatir

Data Simpang Siur, Dinkes Pacitan Rilis 1085 Penderita Hepatitis A, Imbau Masyarakat Tak Khawatir Kepala Dinkes Pacitan, dr Eko Budiono saat memberikan keterangan, Sabtu (6/7). foto: Yuniardi Sutondo/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Data terkait jumlah penderita Hepatitis A di hingga kini masih simpang siur. Sebagaimana data yang disampaikan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, sampai hari ini jumlah penderita Hepatitis A tembus di angka 1085 penderita. Sedangkan yang masih menjalani rawat inap di beberapa puskesmas ada 18 pasien.

"Sampai hari ini memang ada kenaikan jumlah penderita yang terinfeksi pada masa inkubasi lalu mencapai 1.085 orang. Kendati ada penambahan, namun bukan berarti jumlah tersebut ada kenaikan kasus baru. Itu kasus lama yang baru ter-report," kata Kepala Dinkes dr Eko Budiono saat dikonfirmasi, Sabtu (6/7).

Selain data yang dirilis Dinkes, saat ini juga beredar data lain sebagaimana yang diperoleh wartawan, bahwa penderita Hepatitis A di saat ini sudah mencapai angka 1.107. Dari jumlah tersebut, 44 pasien di antaranya masih menjalani rawat inap. Bila dibandingkan hari sebelumnya, jumlah tersebut mengalami penurunan sebanyak 11 pasien. Sebab pada Kamis (4/5) kemarin, masih ditemukan sebanyak 1118 pasien positif Hepatitis A.

Menanggapi simpang siurnya data tersebut, Eko menegaskan kalau data yang dirilis Dinkes berdasarkan nama dan alamat, sehingga tidak mungkin keliru. "Kami tetap mempedomani data yang berbasiskan by name dan by address. Kalau tidak ada nama dan alamat, kami tidak bisa membuktikan keakuratannya," jelas Eko.

Sementara itu, saat ditanya batas waktu pemberlakuan status kejadian luar biasa (KLB), mantan staf ahli bupati ini menegaskan selama lima puluh hari kalender.

"Namun langkah pengendalian dari Dinkes selama 100 hari kalender terhitung sejak 30 Juni lalu. Kami mempertimbangkan ada tidaknya kasus baru," tandasnya.

Sementara itu, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kabupaten Wawan Kasiyanto, mengimbau agar masyarakat tidak khawatir menyikapi serangan Hepatitis A yang saat ini sudah ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) oleh Bupati Indartato, pada 25 Juni lalu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO