Rabu, 12 Agustus 2020 04:18

​KPK Sosialisasi Pencegahan dan Pendidikan Anti Korupsi bagi Masyarakat Ngawi

Rabu, 26 Juni 2019 17:42 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
​KPK Sosialisasi Pencegahan dan Pendidikan Anti Korupsi bagi Masyarakat Ngawi

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kehadiran Bus Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi di Ngawi selama dua hari banyak memberikan pengetahuan perihal yang dimaksud dengan korupsi dan gratifikasi. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua KPK Agus Rahardjo menggelar sosialisasi pencegahan dan pendidikan anti korupsi pada seluruh elemen dan masyarakat Ngawi.

Saat ditanya apakah kehadiran rombongan KPK dalam rangka adanya anggaran miliaran yang digelontorkan dari pusat untuk wilayah pedesaan, Agus menampik pernyataan tersebut.

"Agenda ini merupakan rutin tiap tahun, dalam program memberikan sosialisasi pada masyarakat selain itu untuk mengajak partisipasi dari masyarakat," jelasnya kepada BANGSAONLINE.com.

Dalam melakukan penindakan pun, lembaga anti rasuah ini ternyata tidak akan melakukan penindakan pada setiap kasus korupsi atau gratifikasi pada setiap pejabat.

"Kita akan melakukan penindakan pada penyelenggara pemerintahan. Kalau di Ngawi ya bupati dan wakil bupati serta anggota dewan," terangnya.

Agus juga mencontohkan kasus di Madura yang menjerat seorang kepala desa yang harus berurusan dengan KPK disebabkan adanya keterkaitan dengan Kajari setempat dan Bupati.

"KPK tidak dapat menyentuh masalah yang ternyata tidak ada kaitannya dengan penyelenggara pemerintahan. Kasus kepala dinas pun kita tidak dapat menyentuh kalau tidak terkait dengan penyelenggara pemerintah," tegasnya.

Dengan adanya kehadiran dari roadshow bus jelajah negeri ini masyarakat hingga pejabat dapat memahami tugas dan kewajiban dari lembaga anti korupsi tersebut. Dan untuk kepala desa mungkin dapat merasa sebab tidak akan berurusan dengan KPK apabila diketahui melakukan kesalahan yang merugikan negara. (nal/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Senin, 10 Agustus 2020 18:53 WIB
Oleh: M Mas'ud AdnanApollinaris Darmawan - seorang kakek – sangat rajin menghina dan memfitnah agama Islam dan Nabi Muhammad. Dari jejak digitalnya, Apollinaris yang non muslim itu kurang lebih 10 tahun menghina Islam dan juga tokoh-tokoh Islam ...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...