Jumat, 23 Agustus 2019 08:56

​KPK Sosialisasi Pencegahan dan Pendidikan Anti Korupsi bagi Masyarakat Ngawi

Rabu, 26 Juni 2019 17:42 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Zainal Abidin
​KPK Sosialisasi Pencegahan dan Pendidikan Anti Korupsi bagi Masyarakat Ngawi

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kehadiran Bus Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi di Ngawi selama dua hari banyak memberikan pengetahuan perihal yang dimaksud dengan korupsi dan gratifikasi. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua KPK Agus Rahardjo menggelar sosialisasi pencegahan dan pendidikan anti korupsi pada seluruh elemen dan masyarakat Ngawi.

Saat ditanya apakah kehadiran rombongan KPK dalam rangka adanya anggaran miliaran yang digelontorkan dari pusat untuk wilayah pedesaan, Agus menampik pernyataan tersebut.

"Agenda ini merupakan rutin tiap tahun, dalam program memberikan sosialisasi pada masyarakat selain itu untuk mengajak partisipasi dari masyarakat," jelasnya kepada BANGSAONLINE.com.

Dalam melakukan penindakan pun, lembaga anti rasuah ini ternyata tidak akan melakukan penindakan pada setiap kasus korupsi atau gratifikasi pada setiap pejabat.

"Kita akan melakukan penindakan pada penyelenggara pemerintahan. Kalau di Ngawi ya bupati dan wakil bupati serta anggota dewan," terangnya.

Agus juga mencontohkan kasus di Madura yang menjerat seorang kepala desa yang harus berurusan dengan KPK disebabkan adanya keterkaitan dengan Kajari setempat dan Bupati.

"KPK tidak dapat menyentuh masalah yang ternyata tidak ada kaitannya dengan penyelenggara pemerintahan. Kasus kepala dinas pun kita tidak dapat menyentuh kalau tidak terkait dengan penyelenggara pemerintah," tegasnya.

Dengan adanya kehadiran dari roadshow bus jelajah negeri ini masyarakat hingga pejabat dapat memahami tugas dan kewajiban dari lembaga anti korupsi tersebut. Dan untuk kepala desa mungkin dapat merasa sebab tidak akan berurusan dengan KPK apabila diketahui melakukan kesalahan yang merugikan negara. (nal/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Rabu, 21 Agustus 2019 17:27 WIB
BANGSAONLINE.com - Destinasi wisata di Indonesia tidak hanya Bali, Lombok, ataupun Jogjakarta. Masih banyak destinasi wisata lain dengan panorama yang tidak kalah indah, salah satunya adalah Lampung. Letaknya yang berada di ujung Pulau Sumate...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...