Malam Nisfu Sya'ban, Gubernur Ajak Umat Islam Doakan Keselamatan Bangsa Indonesia

Malam Nisfu Sya Gubernur Jatim, Hj. Khofifah Indar Parawansa hadir di kegiatan Majelis Dzikir Maulidur Rasul dan Haul KH Abdul Wahab Turcham ke-24. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Malam Nisfu Sya'ban yang dipenuhi limpahan rahmat jatuh pada Sabtu (20/4) malam ini. Untuk itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh lapisan elemen muslim muslimat di Jawa Timur untuk bersama-sama memohon keselamatan bangsa di malam Nisfu Sya'ban ini.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri Haul Majelis Dzikir Maulidur Rasul dan Haul KH Abdul Wahab Turcham ke 24 di halaman Yayasan Khodijah Surabaya, Sabtu (20/4). Ia mengajak seluruh warga muslim dan muslimat untuk melaksanakan doa dan riyadhoh di malam Nisfu Sya'ban dan memohon keselamatan untuk bangsa Indonesia.

"Mohon semua warga Muslim - Muslimat dengan sendiri atau berjamaah melaksanakan doa dan riyadhoh di malam Nisfu Sya'ban nanti malam dengan memohon kepada Allah agar bangsa Indonesia dijaga dan diselamatkan Allah," kata Khofifah.

"Serta mari kita sama sama memohon agar bangsa kita dijauhkan dari bahaya perpecahan dan dipersatukan dalam ridho dan barokah Allah, Amin," lanjut wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini.

Di depan ribuah jamaah yang hadir di kegiatan Majelis Dzikir Maulidur Rasul dan Haul KH Abdul Wahab Turcham ke 24 itu, Khofifah lalu memimpin membaca salawat asyghil. Sebagaimana diketahui, orang yang pertama kali membaca salawat asyghil adalah Imam Ja’far Assadiq. Beliau biasa membaca shalawat ini saat malakukan doa qunut shalat Subuh.

Namun kemudian shalawat ini masyhur dengan sebutan Sholawat Habib Ahmad bin Umar Alhinduan Ba ‘Alawy. Hal ini karena shalawat ini termasuk bacaan shalawat yang dihimpun dalam kitabnya Alkawakib Almudhi’ah fi Zikris Shalah ‘ala Khairil Bariyyah.

Bacaan salawat asyghil yaitu "Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa asyghilidz dzolimin bidz dzolimin wa akhrijna min bainihim salimin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’in".

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO