Rabu, 24 April 2019 05:48

Turunkan APK, Relawan Bawaslu Bangkalan Tersengat Listrik

Senin, 15 April 2019 19:32 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Fauzi
Turunkan APK, Relawan Bawaslu Bangkalan Tersengat Listrik
Umar Sahid (23), korban kesetrum listrik saat dirawat di ruang IGD RSU Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Umar Sahid (23), warga Kampung Ketengan, Kelurahan Tunjung, Kecamatan Burnih mengalami musibah kesetrum listrik ketika menurunkan Baliho (APK) yang ada di depan Kecamatan Burnih, Senin (15/4) pukul 11.10 WIB.

Hasil pantauan BANGSAONLINE.com, Korban menurunkan salah satu bendara Parpol yang ada di atas pohon. Setelah berhasil diambil dan hendak diturunkan, korban tidak mampu memegang tiang bendera, sehingga tiang bambu bendera lepas dan menimpa kabel induk. Kondisi bambu dan kabel dalam keadaan basah, sehingga korban langsung tersengat aliran listrik.

Beruntung korban tidak sampai jatuh ke tanah, karena nyangkut di cabang pohon (ranting). Tim selanjutnya segera membantu menurunkan korban menggunakan mobil Satpol PP.

Korban Umar Sahid adalah relawan Bawaslu yang memang khusus diperbantukan dalam penurun APK menjelang pencoblosan.

Hingga pukul 14.00 WIB, korban masih ada di ruang IGD RSU Bangkalan dalam kondisi sadar, meski tangan kiri menderita luka bakar. Rencananya, ia akan dirawat di Rumah Sakit Umum Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan.

Menurut dr. Mahrus, dokter Emergency Gawat Darurat Khusus di RSUD Bangkalan, hasil pemeriksaan di IGD menjelaskan kondisi korban perkembangannya lebih baik, walaupun tangan dalam keadaan gosong. Namun untuk memastikannya, ia mengatakan masih akan dilakukan observasi.

"Meskipun tampak luarnya baik, tapi tampak dalamnya belum tentu. Bisa saja kemungkinan ada otot yang rusak. Jadi tetap kita evaluasi dan observasi dahulu. Kita periksa produksi kencingnya dan rontgen serta lainnya," tutur Mahrus.

"Jika kesetrum listrik biasanya yang terserang adalah jantungnya. Irama jantung bisa tidak berirama dan itu yang menyebabkan kematian. Tapi Alhamdulillah pasien ini jantungnya sudah berirama setelah kita beri cairan," sambungnya.

Ketua Bawaslu Bangkalan Mustain membenarkan bahwa korban adalah relawan yang dibayar oleh Bawaslu yang memiliki keahlian khusus untuk menurunkan APK dan BK yang dipasang di atas pohon.

"Kejadian ini pembelajaran bagi kita justru di Indonesia. Sebenarnya Bawaslu Bangkalan sudah kirim surat kepada partai politik untuk menurukan APK, tapi tidak ada respon. Mereka membiarkan saja," tuturnya.

Oleh karena itu, ia berharap kepada partai politik sebagai peserta pemilu ikut memberikan edukasi kepada masyarakat agar ikut bertanggung jawab untuk menurunkan. "Jika tidak diturunkan, integritas penyelenggara yang disalahkan," pungkasnya. (uzi/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Izza Kustiarti
Senin, 22 April 2019 17:12 WIB
Oleh: Izza Kustiarti*Pemilu serentak 2019 merupakan pemilu perdana yang menyertakan antara pemilihan legislatif dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Penyelenggaraan pemilu serentak merupakan titah dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nom...
Senin, 22 April 2019 00:24 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Se...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...