Jelang Rotasi Pejabat, Eselon II Pemkot Mojokerto Jalani Assesment

Jelang Rotasi Pejabat, Eselon II Pemkot Mojokerto Jalani Assesment Agus Endri, Kepala BKD Kota Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Selangkah lagi Pemkot Mojokerto bakal menggelar rotasi-mutasi. Saat ini seluruh tahapan job fit telah rampung dilaksanakan. Hasil akhir kini telah ada di tangan Wali Kota Ika Puspitasari untuk diputuskan siapa yang akan dilakukan pergeseran.

Bertempat di Graha Praja Wijaya Pemkot Mojokerto, lima orang panitia seleksi (pansel) mencecar pertanyaan secara bergiliran kepada sembilan pejabat eselon IIB. Tim pansel tersebut terdiri dari Sekdakot Harlistyati, unsur Badan Kepegawaian Daerah BKD Jatim, Kanreg II Badan Kepegawaian nasional (BKN) Surabaya, serta dua orang akademisi dari Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Jember (Unej).

Kepala BKD Kota Mojokerto Endri Agus Subianto menjelaskan, job fit yang digelar secara tertutup kemarin untuk melakukan uji kompetensi bidang melalui tes wawancara. Dalam proses akhir tersebut memiliki bobot 40 persen dalam menentukan posisi pejabat apakah tetap di jabatan semula atau justru beralih ke jabatan yang lain.

”Jadi nanti akan diakumulasikan dengan proses assessment 40 persen dan curriculum vitae atau rekam jejak 20 persen,” ungkapnya.

Menurutnya, seluruh hasil tersebut langsung dilakukan penggabungan oleh tim pansel. Hasilnya kemudian akan disodorkan kepada wali kota untuk dijadikan sebagai pertimbangan melakukan pergeseran pejabat. ”Hasilnya yang tahu bu wali (Ika Puspitasari, Red),” ulasnya.

Dia menjelaskan, rangkaian job fit dilakukan untuk mengetahui kompetensi pejabat. Dalam satu posisi jabatan akan dipilih tiga nama yang menjadi kandidat. Menurut Agus, hasil akhir siapa yang akan dipilih menduduki jabatan ada di tangan wali kota selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO