Bantah Ada Mahasiswa Papua Terluka dan Hilang, Polda Jatim: Mereka Minta Kompensasi

Bantah Ada Mahasiswa Papua Terluka dan Hilang, Polda Jatim: Mereka Minta Kompensasi Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera. foto: tribunnews

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera membantah kabar adanya Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) yang terluka maupun hilang, kemarin (2/12).

Barung pun menjelaskan secara detail bagaimana kronologi versi Polda Jatim. Yakni, kegiatan berlangsung 8.30 sampai 9.45 wib, berjalan dengan aman dan tertib dan tidak terjadi apa-apa.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam pemberitaan di media sosial seakan-akan ada mahasiswa yang terluka. Di facebook ada yang menyatakan ada 40 mahasiswa terluka. Kemudian di instagram ada yang menulis 20 mahasiswa terluka.

"Setelah pihak kepolisian melakukan pengecekan di asrama mahasiswa Papua, ternyata tidak ada yang terluka. Sayangnya, polisi tidak diperkenankan masuk dan para mahasiswa Papua itu mengklaim ada 17 orang yang terluka," kata Barung menanggapi beredarnya kabar bahwa ada mahasiswa Papua yang hilang dan juga terluka, Minggu (2/11/2018).

Menurut Barung, mahasiswa Papua ini meminta kompensasi untuk satu orang mahasiswa yang terluka sebesar Rp 10 juta. Tuntutan ini ditujukan kepada pemerintah akibat tindakan anarkis, padahal tindakan anarkis itu tidak ada

"Yang sebenarnya terjadi adalah, ada dua polisi terluka, satu Linmas dan satu anggota Satpol PP. Ada yang kena gesekan, ada yang kena benda keras. Kemudian, malam harinya juga dinyatakan ada dua mahasiswa yang hilang," ujarnya.

"Ini adalah pemberitaan provokasi yang terus menerus oleh mereka. Kedua mahasiswa yang dikabarkan hilang itu sebenarnya bukan hilang, tapi menghilangkan diri dengan maksud membentuk opini bahwa Pemerintah Republik Indonesia telah melakukan tindakan yang tidak terpuji. Padahal oknum mahasiswa Papua itu sendiri yang menghilangkan diri," jelasnya.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO