Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai PT KAI di Blitar Dibongkar Korbannya Sendiri

Penipuan Berkedok Rekrutmen Pegawai PT KAI di Blitar Dibongkar Korbannya Sendiri Tersangka saat ditanyai Kapolres Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dadang Dwi Setiawan (50), pria asal Kelurahan Sumengko, Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi ditangkap petugas Satreskrim Polres Blitar. Pria yang pernah menjadi guru honorer ini terbukti melakukan aksi penipuan berkedok rekrutmen pegawai PT KAI melalui media sosial.

Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha mengatakan, pelaku melakukan penipuan melalui media sosial Facebook dengan nama akun "Dadang Dwi Setiawan". Postingan tentang rekrutmen pegawai PT KAI itu dibagikan ke grup Facebook "Bocah Blitar".

"Untuk menarik korban, pelaku bermodus membuka akun Facebook dan memasang iklan lowongan pekerjaan rekrutmen pegawai PT KAI melalui grup Facebook Bocah Blitar," ungkap AKBP Anissullah M Ridha, Senin (19/11/2018).

Dalam unggahannya, pelaku juga menyertakan nomor telepon untuk dihubungi calon korban. Setelah ada calon korban yang menelepon, pelaku kemudian meminta sejumlah uang kepada korban agar lolos seleksi penerimaan pegawai PT KAI.

Di Kabupaten Blitar ada empat korban penipuan yang dilakukan pelaku. Dari empat korban ini, salah satu di antaranya berhasil membongkar kedok pelaku. Ia merasa curiga dengan pola rekrutmen yang dilakukan pelaku.

Kecurigaan ini muncul saat korban melihat postingan pelaku di Facebook berisikan jasa pasang susuk atau penglarisan. Selain itu, korban juga merasa curiga karena tak kunjung mendapat panggilan dari PT KAI, meski sudah menyerahkan syarat fotocopy KK, KTP, dan Ijazah oleh terlapor. Korban juga telah mentransfer uang senilai Rp 23,5 juta.

Lihat juga video 'Digiring Maling, Ratusan Bebek Milik Warga di Blitar Raib':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO