Jagung Langka, Peternak Bawa Kandang Ayam ke Kantor Pemkab Blitar

Jagung Langka, Peternak Bawa Kandang Ayam ke Kantor Pemkab Blitar Para petani membeber spanduk protes, Senin siang.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ribuan se-Kabupaten melakukan aksi unjuk rasa di halaman kantor Pemerintah Kabupaten, Senin (15/10/2018) siang.

Mereka membawa ayam lengkap dengan kandang dan telurnya sebagai bentuk kekesalan dan kekecewaan terhadap Menteri Pertanian Amran Sulaiman karena kelangkaan komoditas jagung.

Ketua Koperasi Peternak Sukarman mengatakan, akibat kelangkaan jagung sejumlah di Kabupaten terpaksa memberi makan ayam petelur dengan nasi aking.  Sehingga kualitas telur menurun.

"Kami menuntut pemerintah menyediakan jagung sesuai kebutuhan peternak dan dengan harga yang wajar," jelas Sukarman.

Aksi ini menurut Sukarman juga dilatar belakangi pernyataan Kementerian Pertanian yang menyatakan Indonesia surplus Jagung sebanyak 16 juta ton. Namun kenyataan di lapangan peternak sulit mendapatkan komoditas jagung. Peternak juga harus mencari stok jagung dari luar kota dengan harga yang lebih mahal. Yakni di kisaran Rp 5.200 hingga Rp 5.300 per kilogram.

Padahal sesuai Peraturan Menteri Perdagangan nomer 58 tahun 2018 mengatur harga jagung ditingkat petani Rp 3.100 per kilogram sementara ditingkat peternak Rp 4.000 per kilogram.

"Kalau benar-benar surplus bahkan sampai ekspor ke Philipina kenapa peternak dalam negeri yang benar-benar membutuhkan kesulitan mendapatkan stok jagung," imbuhnya.

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO