Minggu, 17 Februari 2019 07:35

DPRD Gresik Belajar Pengelolaan Migas di Tuban

Kamis, 11 Oktober 2018 20:02 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
DPRD Gresik Belajar Pengelolaan Migas di Tuban

TUBAN, BANGSAONLINE.com - DPRD Kabupaten Gresik melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Kamis (11/10).

Tujuan kunjungan DPRD Gresik ke  Bumi Wali (julukan kabupaten Tuban), yakni ingin mengetahui proses pengolahan Minyak dan Gas Bumi (Migas) yang ada di Kabupaten Tuban.

Dalam kesempatan itu, rombongan anggota dewan Gresik yang dipimpin Ketua Komisi II, Solihudin, diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban, Sunarto dan Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Tuban, Cucuk DS di ruang Rapat Setda Kabupaten setempat.

Dalam paparannya, Solihudin mengatakan bahwa sejatinya Gresik memiliki potensi yang sama dengan Tuban dalam pengembangan migas hilir. Karenanya, ia ingin mengkaji lebih lanjut terkait pengelolaan migas. "Kami berniat membahas Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Gresik tentang pelibatan BUMD dalam pengelolaan migas," ungkap Solihudin.

Sementara itu, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tuban, Sunarto menyampaikan bahwa pengelolaan migas di Tuban bekerja sama dengan mitra yang mengelola 4 blok minyak, yaitu Cepu, Bawean, Lamongan, dan Tuban.

“Di Blok Tuban itu sendiri, PD Migas Kabupaten Tuban mengelola sebanyak 23 Lapangan Sumber yang mempunyai potensi cadangan gas sebesar 150 Billion Standard Cubic Feet (SCF) atau produksi rata-rata tiap hari 22 juta meterkibik,” ujar Sunarto.

Sedangkan di Blok Cepu yang berlokasi di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, terdapat sekitar 25 sumber migas dikelola bersama Pertamina EP dengan minyak yang dihasilkan mencapai 19,3 juta barel dan 14,5 juta meterkibik gas bumi. Selain itu, di Kabupaten Tuban juga terdapat sumur tua di 8 titik yang tersebar di beberapa kecamatan.

"Sumur tua tersebut berpotensi menghasilkan 637 ribu liter atau setara 4.010 barel. Keseluruhan dikelola oleh PD Aneka Tambang yang merupakan BUMD Kabupaten Tuban," jelasnya. (gun/rev)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Rabu, 06 Februari 2019 13:59 WIB
JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menambah jumlah destinasi wisata buatan, sebuah desa di Jombang mengembangkan destinasi wisata tanaman. Di areal wisata ini, pengelola menyuguhkan ratusan aneka tanaman bunga yang menarik dan indah. Selain keindahan wisata...
Suparto Wijoyo
Rabu, 13 Februari 2019 10:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU, 13 Februari 2019 ini, Bude Khofifah Indar Parawansa dan Mas Emil E. Dardak dilantik di Istana Negara sebagai Gubernur-Wakil Gubernur periode 2019-2024. Ucapan selamat dan senyum mengembang diragam kesempatan beliau yang me...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...