Jumat, 19 Oktober 2018 23:53

DPRD Gresik Belajar Pengelolaan Migas di Tuban

Kamis, 11 Oktober 2018 20:02 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
DPRD Gresik Belajar Pengelolaan Migas di Tuban

TUBAN, BANGSAONLINE.com - DPRD Kabupaten Gresik melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Kamis (11/10).

Tujuan kunjungan DPRD Gresik ke  Bumi Wali (julukan kabupaten Tuban), yakni ingin mengetahui proses pengolahan Minyak dan Gas Bumi (Migas) yang ada di Kabupaten Tuban.

Dalam kesempatan itu, rombongan anggota dewan Gresik yang dipimpin Ketua Komisi II, Solihudin, diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban, Sunarto dan Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Tuban, Cucuk DS di ruang Rapat Setda Kabupaten setempat.

Dalam paparannya, Solihudin mengatakan bahwa sejatinya Gresik memiliki potensi yang sama dengan Tuban dalam pengembangan migas hilir. Karenanya, ia ingin mengkaji lebih lanjut terkait pengelolaan migas. "Kami berniat membahas Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Gresik tentang pelibatan BUMD dalam pengelolaan migas," ungkap Solihudin.

Sementara itu, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tuban, Sunarto menyampaikan bahwa pengelolaan migas di Tuban bekerja sama dengan mitra yang mengelola 4 blok minyak, yaitu Cepu, Bawean, Lamongan, dan Tuban.

“Di Blok Tuban itu sendiri, PD Migas Kabupaten Tuban mengelola sebanyak 23 Lapangan Sumber yang mempunyai potensi cadangan gas sebesar 150 Billion Standard Cubic Feet (SCF) atau produksi rata-rata tiap hari 22 juta meterkibik,” ujar Sunarto.

Sedangkan di Blok Cepu yang berlokasi di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, terdapat sekitar 25 sumber migas dikelola bersama Pertamina EP dengan minyak yang dihasilkan mencapai 19,3 juta barel dan 14,5 juta meterkibik gas bumi. Selain itu, di Kabupaten Tuban juga terdapat sumur tua di 8 titik yang tersebar di beberapa kecamatan.

"Sumur tua tersebut berpotensi menghasilkan 637 ribu liter atau setara 4.010 barel. Keseluruhan dikelola oleh PD Aneka Tambang yang merupakan BUMD Kabupaten Tuban," jelasnya. (gun/rev)

Suparto Wijoyo
Rabu, 17 Oktober 2018 11:08 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DARI Malang menuju Bekasi. Begitulah aksi KPK dalam melakukan gerakan senyap OTT yang melibatkan para bupati kedua daerah itu. Simbul para koruptor kian menjalar dari daerah ke daerah untuk merapatkan barisan sambung-meny...
Selasa, 11 September 2018 13:55 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Cukup jelas pesan ayat studi ini, bahwa Allah SWT pasti menyayangi hamba-Nya yang mau be...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 29 September 2018 09:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 04 Oktober 2018 13:39 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gua Jenggung, begitulah nama yang diberikan kepada gua yang baru ditemukan di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.Saat melihat keindahan stalaktit maupun stalagmit di dalam Gua Jenggung, laksana berlibur ke T...