DPRD Gresik Belajar Pengelolaan Migas di Tuban

DPRD Gresik Belajar Pengelolaan Migas di Tuban

TUBAN, BANGSAONLINE.com - DPRD Kabupaten Gresik melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, Kamis (11/10).

Tujuan kunjungan ke  Bumi Wali (julukan kabupaten Tuban), yakni ingin mengetahui proses pengolahan Minyak dan Gas Bumi (Migas) yang ada di Kabupaten Tuban.

Dalam kesempatan itu, rombongan anggota dewan Gresik yang dipimpin Ketua Komisi II, Solihudin, diterima oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban, Sunarto dan Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Tuban, Cucuk DS di ruang Rapat Setda Kabupaten setempat.

Dalam paparannya, Solihudin mengatakan bahwa sejatinya Gresik memiliki potensi yang sama dengan Tuban dalam pengembangan migas hilir. Karenanya, ia ingin mengkaji lebih lanjut terkait pengelolaan migas. "Kami berniat membahas Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Gresik tentang pelibatan BUMD dalam pengelolaan migas," ungkap Solihudin.

Sementara itu, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tuban, Sunarto menyampaikan bahwa pengelolaan migas di Tuban bekerja sama dengan mitra yang mengelola 4 blok minyak, yaitu Cepu, Bawean, Lamongan, dan Tuban.

“Di Blok Tuban itu sendiri, PD Migas Kabupaten Tuban mengelola sebanyak 23 Lapangan Sumber yang mempunyai potensi cadangan gas sebesar 150 Billion Standard Cubic Feet (SCF) atau produksi rata-rata tiap hari 22 juta meterkibik,” ujar Sunarto.

Sedangkan di Blok Cepu yang berlokasi di Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, terdapat sekitar 25 sumber migas dikelola bersama Pertamina EP dengan minyak yang dihasilkan mencapai 19,3 juta barel dan 14,5 juta meterkibik gas bumi. Selain itu, di Kabupaten Tuban juga terdapat sumur tua di 8 titik yang tersebar di beberapa kecamatan.

"Sumur tua tersebut berpotensi menghasilkan 637 ribu liter atau setara 4.010 barel. Keseluruhan dikelola oleh PD Aneka Tambang yang merupakan BUMD Kabupaten Tuban," jelasnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO