Sabtu, 28 Maret 2020 15:37

​Bangkitkan Pasar Tradisional, Disperindag Blitar Rehab Pasar Talun dan Nglegok

Rabu, 12 September 2018 17:42 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
​Bangkitkan Pasar Tradisional, Disperindag Blitar Rehab Pasar Talun dan Nglegok
Puguh Imam Susanto, kepala Disperindag Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Blitar untuk membangkitkan pasar tradisional sebagai salah satu penunjang perekonomian. Melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag), sejumlah gebrakan dilakukan untuk menghidupkan kembali geliat pasar tradisional. Terutama di sejumlah pasar tradisional yang mulai ditinggal pelanggannya.

Tahun ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang mencapai Rp 1 miliar, Disperindag Kabupaten Blitar melakukan rehab dan penataan Pasar Talun dan Pasar Nglegok. Saat ini pembangunan sudah mulai dilakukan pihak pelaksana proyek dan sesuai kontrak akan diselesaikan maksimal pada Desember 2018.

"Untuk Pasar Talun dan Pasar Nglegok, pembangunan berupa rehab yang dilaksanakan rehab sedang yang tidak mengharuskan relokasi pedagang. Rehab yang dilakukan diantaranya perbaikan kios serta sarana prasana pasar,” jelas Puguh Imam Susanto, kepala Disperindag Kabupaten Blitar, Rabu (12/9/2018).

Menurut dia, pasar tradisional semakin tergerus keberadaanya karena hadirnya pasar moderen. Oleh karena itu, perlu upaya-upaya khusus untuk mencegah semakin terpinggirkannya pasar tradisional.

Oleh sebab itu, revitalisasi pasar tradisional akan menjadi perhatian serius sebagai bentuk komitmen sekaligus keberpihakan pemerintah untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan.

"Secara bertahap kami akan terus melakukan perbaikan dan rehab untuk pasar-pasar tradisional lainnya yang ada di Kabupaten Blitar," imbuhnya.

Dijelaskan, perhatian terhadap keberadaan pasar tradisional tersebut sebagai bentuk untuk menumbuhkan tingkat perekonomian masyarakat, khususnya pedagang kecil. Ia berharap masyarakat mendukung program tersebut. Dengan ikut serta menghidupkan kembali pasar tradisional dan mengajak masyarakat untuk lebih mencintai pasar tradisional.

"Tentunya program revitalisasi pasar tradisional ini juga harus didukung masyarakat. Agar ke depan pasar tradisional kembali banyak peminatnya," pungkasnya. (ina/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 02:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*84. Qul kullun ya’malu ‘alaa syaakilatihi farabbukum a’lamu biman huwa ahdaa sabiilaan.Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengeta...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...