Minggu, 15 September 2019 21:55

​Bangkitkan Pasar Tradisional, Disperindag Blitar Rehab Pasar Talun dan Nglegok

Rabu, 12 September 2018 17:42 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Akina Nur Alana
​Bangkitkan Pasar Tradisional, Disperindag Blitar Rehab Pasar Talun dan Nglegok
Puguh Imam Susanto, kepala Disperindag Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Blitar untuk membangkitkan pasar tradisional sebagai salah satu penunjang perekonomian. Melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag), sejumlah gebrakan dilakukan untuk menghidupkan kembali geliat pasar tradisional. Terutama di sejumlah pasar tradisional yang mulai ditinggal pelanggannya.

Tahun ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang mencapai Rp 1 miliar, Disperindag Kabupaten Blitar melakukan rehab dan penataan Pasar Talun dan Pasar Nglegok. Saat ini pembangunan sudah mulai dilakukan pihak pelaksana proyek dan sesuai kontrak akan diselesaikan maksimal pada Desember 2018.

"Untuk Pasar Talun dan Pasar Nglegok, pembangunan berupa rehab yang dilaksanakan rehab sedang yang tidak mengharuskan relokasi pedagang. Rehab yang dilakukan diantaranya perbaikan kios serta sarana prasana pasar,” jelas Puguh Imam Susanto, kepala Disperindag Kabupaten Blitar, Rabu (12/9/2018).

Menurut dia, pasar tradisional semakin tergerus keberadaanya karena hadirnya pasar moderen. Oleh karena itu, perlu upaya-upaya khusus untuk mencegah semakin terpinggirkannya pasar tradisional.

Oleh sebab itu, revitalisasi pasar tradisional akan menjadi perhatian serius sebagai bentuk komitmen sekaligus keberpihakan pemerintah untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan.

"Secara bertahap kami akan terus melakukan perbaikan dan rehab untuk pasar-pasar tradisional lainnya yang ada di Kabupaten Blitar," imbuhnya.

Dijelaskan, perhatian terhadap keberadaan pasar tradisional tersebut sebagai bentuk untuk menumbuhkan tingkat perekonomian masyarakat, khususnya pedagang kecil. Ia berharap masyarakat mendukung program tersebut. Dengan ikut serta menghidupkan kembali pasar tradisional dan mengajak masyarakat untuk lebih mencintai pasar tradisional.

"Tentunya program revitalisasi pasar tradisional ini juga harus didukung masyarakat. Agar ke depan pasar tradisional kembali banyak peminatnya," pungkasnya. (ina/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...