KPU Pasuruan Jemur Ribuan Kotak Suara Sebelum Didistribusikan

KPU Pasuruan Jemur Ribuan Kotak Suara Sebelum Didistribusikan Ribuan kotak suara atau logistik untuk Pilbup atau Pilgub saat dijemur petugas. Mayoritas terendam air pasca Pasuruan diguyur hujan deras sekali sejak Rabu (20/6) malam kemarin.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 4.760 kotak suara telah didistribusikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Kamis (21/6/2018).

Meski sebelumnya, ribuan kotak suara yang sudah siap di truk itu dalam kondisi basah karena Pasuruan diguyur hujan sejak Rabu (20/6) malam. Mayoritas kotak suara berisi air. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan dan terpaksa harus dikeringkan terlebih dahulu.

Komisioner KPU Winaryo Sujoko mengatakan, distribusi logistik ini dilakukan lebih awal dan diberikan secara bertahap. Ia mengatakan, prinsipnya semua kotak suara tidak ada yang rusak dan siap digunakan. Namun, karena diguyur hujan, kotak suara akhirnya penuh dengan air hujan. 

"Tidak apa-apa. Tadi sebelum didistribusikan, kami minta para PPS untuk mengeringkannya lebih dulu. Dijemur dan dilap, baru dimasukkan ke truk dan didistribusikan," katanya.

Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono mengatakan, pihaknya akan menerapkan sistem pengawasan seperti minum obat. Jadi, dalam sehari minimal ada tiga kali patroli anggota di wilayah masing-masing. Pagi, siang dan malam. Selain itu, ada juga petugas yang berjaga atau standby di lokasi penyimpanan logistik paska didistribusikan oleh KPU ini.

"Itu kami lakukan untuk antisipasi potensi kerawanan. Misal ada pihak yang ingin mengacau logistik untuk pilbup atau pilgub. Penjagaan akan dilakukan 24 jam," katanya

Sedangkan, potensi bencana seperti kebakaran atau lainnya, Raydian mengatakan kalau dijaga lebih bisa waspada. Menurutnya, sewaktu-waktu ada apa-apa bisa segera ditangani dan ditindaklanjuti dengan cepat, tidak terlambat. (par/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO