Sumamburat: "Ya Rasulullah"

Sumamburat: "Ya Rasulullah" Suparto Wijoyo.

Oleh: Suparto Wijoyo*

DI Malam Nisfu Sa’ban 1439 H, kutatap langit kujelajah bumi, aku bertafakkur atas semesta dengan menyelami, mentadabburi Al-Qur’an (biarlah ahli bahasa Indonesia menuslinya alquran). Aku bersimpuh dalam kuasa-Mu ya Allah dan terus bersyukur atas hidup yang mengenal tanda-tanda dari Kalam Suci, Al-Qur’an, kitab yang menunjukkan keagungan penciptanya, kemuliaan pembacanya, keteguhan pengimannya. Spektakuler dan demikianlah mukjizat itu hadir menyemburatkan pesanyang hanya mampu ditangkap bagi mereka yang berakalsehat, yang berfikir, bukan untuk yang berotak tetapi tidak berakalpikiran.

Kitab Suci ini secara keseluruhan adalah sangat saintifik. Berjuta-juta orang menghafaldan berjuta-juta lagi anak-anak Muslim antri untuk menghafalnya, menghafalnya, menghafalnya. Ini sebuah pertanda betapa Al-Qur’an itu memanglah firman-Nya. Fenomena penghafal Al-Qur’an ini bagian dari kuasa Ilahi untuk dipikirkan manusia yang punya pikiran, diimani oleh insan yang beriman, disyukuri oleh penerima hidayah, karena kecerdasan ternyata tidaklah serta merta mampu mencerna daulat Pemilik Semesta.

Maka kalaulah sebagian jamaah pedesaan bertanya tentang orang-orang “pintar” yang meninggalkan Al-Qur’an, bahkan pindah imannya, janganlah kau bengong sambil menatap itu sebagai “kehebatannya”, karena sesungguhnya kalianlah yang memiliki kemampuan untuk berfikir sebagaimana beragam ayat Al-Qur’an yang memang dipersembahkan bagi mereka yang berfikir.

Setiap orang punya daya nalar dan hanya yang berkewarasanlah (hingga leluhurku mendoakan anak-anaknya seger-kewarasan) yang berkesempatan mengezam lezatnya hidup berteguh iman. Hidup “ngoplos” adalah manifestasi dari “jalan lain” yang mendukacitakan. Mencuri soal UNBK pastilah tindakan brutal tidak berpendidikan walaupun berpersekolahan.

Potret laku yang menggejala adalah betapa banyak orang-orang bersekolah-berkuliah tetapi tidak terdidik, termasuk melakukan penghinaan pada ajaran Islam, menghina Rasulullah saw. Jujurlah pada kehidupan, Rasulullah saw adalah teladan terbaik. Gelar Al-Amin didapatnya jauh sebelum “deklarasi” kenabiannya. Al-Qur’an memberi predikat selaku “teladan paling sempurna” (uswatun khasanah).

Bagiku inilah karunia terbesar yang Allah SWT berikan kepada “alam semesta”, karena Rasulullah saw adalah rahmat bagi seluruh alam yang bermisi utama ndandani akhlak. Dikatakannya “aku diutus untuk menyempurnakan akhlak”. Suatu tugas kehidupan yang memberikan kristal kemuliaan dengan pawahyuan berupa Al-Quran. Dengan “dekrit teologis” melalui Al-Quran, kehadiran Rasulullah saw menjadi amat istimewa dengan perilakunya yang memikat seluruh manusia yang memiliki daya nalar paling “fundamental”. Segenap tingkah laku Rasulullah saw terformulasi menjadi hadits yang merupakan “pedoman hidup”.

Sumber: Suparto Wijoyo

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO