Armatim Beri Pembekalan Difteri dan Bantuan Hidup Dasar

Armatim Beri Pembekalan Difteri dan Bantuan Hidup Dasar

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Lettu Laut (K/W) dr. Christina Widosari dan Lettu Laut (K) Edi Sutanto memberikan ceramah kesehatan tentang difteri dan bantuan hidup dasar, bertempat di rupat Primkopal Koarmatim Ujung, Surabaya, Kamis (18/01).

Dalam pembekalan tersebut dijelaskan secara gamblang tentanf difteri. Difteri penyakit menular yang disebabkan oleh kuman corynebacterium diphteriae, ditandai dengan adanya peradangan, terutama pada selaput bagian dalam saluran pernapasan bagian atas, hidung dan juga kulit. Penyakit ini sangat mudah menular dan berbahaya karena menyebabkan kematian.

“Sumber dan cara penularan sumber penularan adalah manusia baik sebagai penderita maupun carrier. Seseorang dapat menyebarkan bakteri melalui pernapasan droplet infection atau melalui muntahan, pada difteri kulit bisa melalui luka di tangan kontak kasus,”ujar Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S mengutip penjelasan pembekalan.

Sedangkan dalam pembekalan bantuan hidup dasar adalah usaha untuk mempertahankan kehidupan saat penderita mengalami keadaan nyawa yang mengancam. Bantuan hidup dasar pengenalan gejala jantung mendadak, serangan jantung, stroke dan sumbatan jalan napas oleh benda asing.

Hadir dalam ceramah kesehatan antara lain personil Puskopal, Primkopal Armatim, POM Armatim, Denma Koarmatim dan Dispen Armatim. (*/ns)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO