Khofifah Ajak Aktivis PMII Jadi Pelopor Islam yang Damai dan Penuh Kasih

Khofifah Ajak Aktivis PMII Jadi Pelopor Islam yang Damai dan Penuh Kasih

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Menteri Sosial Indar Parawansa meminta Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia () harus dapat menjadi pelopor Islam Rahmatan lil 'alamin, yaitu Islam yang penuh kasih dan damai.

"Di era globalisasi, dengan ideologi Ahlus-Sunnah wal Jama'ah, (Aswaja) atau Sunni memiliki tugas besar dalam menjaga kedamaian baik intern maupun antar umat beragama," terang saat menjadi pembicara dalam Pelatihan Kader Lanjut (PKL) se-Jawa Timur yang berlangsung di Bangkalan, Minggu (24/12).

Menurutnya, aswaja adalah konsep pendekatan terhadap ajaran agama Islam secara proporsional antara iman, Islam, dan ihsan yang di dalam pola pikir, pola sikap, dan pola perilakunya tercermin sikap-sikap selektif, akomodatif, dan integratif.

"Kita tidak hanya memiliki tugas menjaga kedamaian Indonesia, tetapi tugas besar kita adalah menjaga dan memayungi dunia dengan Islam rahmatan lil 'alamin. Yaitu Islam dengan cinta kasih bagi seluruh alam," tuturnya.

Di hadapan kader se-Jawa Timur, yang kini juga tercatat sebagai Majelis Pembina Nasional (Mabinas) Pengurus Besar , menyampaikan bahwa Gus Dur sebagai Agamawan yang juga Negarawan dapat menjadi referensi dalam berbagai aspek kehidupan.

"Saya rasa Gus Dur telah memberikan referensi terbaik dalam beragama, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pikiran-pikiran besar Gus Dur harus terus kita gali dan kita implementasikan bersama," tegas .

Sumber: *Biro Humas Kementerian Sosial RI

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO