Berdayakan Warga, LMDH Candisari Produksi Minyak Kayu Putih

Berdayakan Warga, LMDH Candisari Produksi Minyak Kayu Putih Kepala DKP Lamongan Moh Nalikan memberikan potongan tumpeng kepada Ketua LMDH Hartono.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Melimpahnya daun kayu putih di Kecamatan Sambeng, Lamongan, dimanfaatkan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wonosari, Desa Candisari, Kecamatan setempat dengan memproduksi minyak kayu putih lewat cara penyulingan.

Ketua LMDH Wonosari Hartono mengatakan, untuk menghasilkan minyak kayu putih dengan cara penyulingan, pihaknya melibatkan warga sekitar Kecamatan Sambeng dan Ngimbang. Sekali penyulingan bisa melibatkan hingga ratusan orang yang mampu menghasilkan 10 liter minyak kayu putih per hari dengan rendemen 0,75 persen dari sebanyak 3 ton daun kayu putih.

Tidak hanya penyulingan, ratusan tenaga di sekitar hutan tersebut juga terlibat dalam kegiatan budidaya, mulai dari penanaman pohon, pemeliharaan, serta memanen.

"Pemasaran minyak kayu putih tersebut ditangani langsung Perhutani yang telah menjalin kerja sama dengan perusahaan bermerk. Kami juga usaha produksi gula merah dan jamur tiram. Kami hanya berpikir dan menyiapkan generasi muda di Desa Candisari ini agar masa depanya lebih baik," ujarnya seraya berharap ada perhatian dari pemerintah sehingga bisa memproduksi minyak kayu putih dalam jumlah lebih besar lagi.

Sementara Kepala Desa Candisari Budianto mengapresiasi inovasi yang dilakukan pihak LMDH sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO