Oktober, Pilkades Serentak di 20 Desa Kabupaten Gresik

Oktober, Pilkades Serentak di 20 Desa Kabupaten Gresik Wakil Bupati Mohammad Qosim saat memantau Pilkades serentak tahun 2015. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK,BANGSAONLINE.com - Sukses menggelar Pilkades (pemilihan kepala desa) serentak pada tahun 2015 lalu, tahun ini Pemkab Gresik kembali menggelar Pilkades serentak. Sesuai jadwal, Pilkades serentak tahap I bakal digelar pada 29 Oktober mendatang. Ada 20 desa yang tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gresik yang bakal menggelar Pilkades.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pemkab Gresik Tursilowanto Harijogi kepada BANGSAONLINE.com menjelaskan, dari 20 desa yang menggelar Pilkades, 19 desa di antaranya adalah Pilkades murni. Artinya, 19 desa itu menggelar Pilkades karena masa jabatan kades desa bersangkutan telah habis.

"Sedangkan, 1 desa menggelar Pilkades antar waktu, yakni Desa Karangrejo Kecamatan Manyar. Dibilang Pilkades antar waktu karena kades di desa meninggal sebelum masa jabatannya habis. Dan sisa waktu masa jabatan masih se-tahun," jelas mantan Asisten I Sekda Gresik ini.

Saat ini, tahapan Pilkades serentak di 20 Desa sudah dimulai dengan pendaftaran bakal calon kepala desa. "Saya berharap Pilkades serentak tahun ini berjalan lancar," sambungnya.

Mengacu Pilkades serentak pada tahun 2015 lalu, angka partisipasi warga mencapai rata-rata 75 persen kehadiran. (hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO