Tuntut Transparansi Penggunaan BOP, Diknas Kabupaten Blitar Didemo Ratusan Massa

Tuntut Transparansi Penggunaan BOP, Diknas Kabupaten Blitar Didemo Ratusan Massa Ratusan masa saat aksi unjuk rasa di depan kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ratusan masa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Pendidikan menggelar aksi demo di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar di Jl Raya Garum, Jumat (11/8). Mereka berunjuk rasa terkait adanya indikasi korupsi dana Bantuan Operasional atau BOP Pendidikan tahun 2017 di Kabupaten Blitar senilai Rp 23,8 miliar. Massa yang terdiri dari kalangan mahasiswa dan berbagai elemen masyarakat lainnya itu mengindikasikan adanya penyelewengan dalam penggunaan dana itu.

Ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan, Jontor Siswanto mengatakan, penggunaan dana bagi 1078 TK dan PAUD itu telah dikondisikan oleh rekanan orang dalam dari stakeholder dinas pendidikan. Pengondisikan itu dilakukan melalui Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah atau KKTK dengan memilih pihak rekanan pemenang tender secara tidak transparan.

Selain itu, massa juga menuntut agar menghentikan semua proses yang berkaitan dengan BOP tahun anggaran 2017, sampai Dinas Pendidikan memberikan kepastian tidak ada penyelewengan penggunaan BOP.

"Kami meminta dinas pendidikan untuk mengawasi secara maksimal agar tidak terjadi penyelewengan. Kalau pun hal itu terjadi, harus segera diproses ke ranah hukum," papar Jontot Siswanto.

Menanggapi tuntutan massa, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Budi Kusumarjaka mengatakan sejauh ini kewenangan pihaknya hanya memverifikasi kebutuhan masing-masing sekolah.

"Sedangkan proses penggunaan dana BOP di Kabupaten Blitar merupakan kewenangan sekolah yang bersangkutan serta merupakan rekanan yang terbaik. Setelah selesai pembelanjaan anggaran, nanti saat pelaporan dinas sudah selesai, kami akan melakukan pengecekan," janji Buso Kusumarjaka.

Setelah dilakukan mediasi antara massa dengan perwakilan dari dinas pendidikan, massa mengaku puas dengan jawaban dinas pendidikan. Meski begitu, massa tetap meminta dinas mengawasi secara transparan dan maksimal penggunaan dana BOP 2017. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO