Ribuan Warga Blitar Selatan Tuntut Pemekaran Wilayah, Gara-Gara Hal ini

Ribuan Warga Blitar Selatan Tuntut Pemekaran Wilayah, Gara-Gara Hal ini Aksi ribuan massa saat demo di depan Kantor Pemkab Blitar menuntut pemerataan pembangunan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ribuan warga Kabupaten Selatan menggelar unjuk rasa di depan Kantor Pemkab di Kecamatan Kanigoro, Senin (16/1/2023). Kedatangan mereka untuk menyuarakan , alias memisahkan diri dari Kabupaten .

Gara-garanya, pembangunan wilayah Selatan yang meliputi 7 kecamatan selama ini kurang diperhatikan dan terkesan dianaktirikan. Menurut massa, pembangunan di wilayah selatan sangat tertinggal apabila dibandingkan dengan wilayah kota atau wilayah utara.

Dalam aksi tersebut, ribuan massa memenuhi Halaman Kantor Pemkab dengan ratusan truk. Mereka kemudian berorasi secara bergantian menggunakan sound system yang sudah disiapkan.

Trianto, yang menjadi Koordinator Aksi Aliansi Masyarakat Selatan Menggugat, menyebut selama ini Pemkab memang tidak pernah menjadikan kawasan selatan sebagai skala prioritas pembangunan, utamanya infrastruktur.

Padahal, kata dia, APBD Kabupaten beberapa tahun ini cukup besar. Untuk tahun 2022 saja APBD Kabupaten mencapai Rp 2,2 triliun. Sedangkan tahun 2023 mencapai Rp 2,4 triliun.

"Tapi ironisnya, hingga saat ini wilayah Selatan infrastrukturnya banyak yang rusak parah," cetusnya.

Karena itu, Trianto mewakili masyarakat Selatan menuntut pemkab melakukan pembangun infrastruktur secara merata hingga ke wilayah selatan.

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO