KPU Kota Blitar Didemo Jelang Pemilu 2024

KPU Kota Blitar Didemo Jelang Pemilu 2024 Demo di KPU Kota Blitar. Foto: AKINA NUR ALANA/BANGSAONLINE

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kantor Kota didatangi massa aksi, Rabu (7/2/2024). Mereka melakukan demo dengan membawa sejumlah tuntutan kepada penyelenggara pesta demokrasi.

Dalam orasinya, massa menyampaikan agar penyelenggaran pemilu tidak berpihak kepada kelompok atau golongan tertentu. Mereka juga meminta agar proses pemilu benar-benar menjunjung tinggi prinsip Luber Jurdil atau akronim dari :angsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil.

Selain itu, massa aksi juga meminta untuk menyoroti praktik politik uang yang rawan terjadi saat Pemilu.

"Harapan kami Pemilu 2024 ini dijalankan sesuai rel UU yang ada. Sementara praktik praktik ilegal seperti money politic benar benar diberantas. Supaya pada pemilu tahun ini benar benar tersaring para calon pemimpin berkualitas dan punya integritas menjalankan visi misi mereka,” kata koordinator aksi, Joko.

Dia menilai, praktik politik uang masih sangat kental di . Untuk itu ia, mendesak untuk maksimal dalam melakukan pengawasan.

Menanggapi aksi unjuk rasa itu, Kota menyambut baik aspirasi warga tersebut. Disebutkan, aksi merupakan bentuk nyata kepedulian warga terhadap jalannya Pemilu 2024.

Kota pun menegaskan tanpa unjuk rasa ini pun, pihaknya akan tetap menjalankan Pemilu sesuai dengan undang-undang. Dalam Pemilu 2024, Kota meyakinkan bahwa pihaknya akan bersikap bersih, jujur serta adil.

“Demo siang ini sebenarnya bentuk suport masyarakat kepada agar melaksanakan tugas sesuai peraturan. Bagi kami, ini suport tidak ada hal yang perlu menjadi kekhawatiran karena ada demo tidak ada demo tetap menjalankan pemilu jujur adil tanpa memihak kepada siapapun,” kata Ketua Kota , Choirul Umam.

Aksi unjuk rasa ini juga mendapat respons dari salah satu kontestan Pemilu 2024, Mohammad Triyanto. Pria yang maju sebagai Calon DPD RI ini mengatakan, aksi unjuk rasa adalah tonggak bagaimana mengajak seluruh elemen masyarakat agar ikut mengawasi jalannya pemilu.

"Saya selaku bagian dari calon DPD RI menyerukan agar semua elemen ikut mengawasi jalannya pemilu. Dengan pemilu bersih kita akan memiliki pemimpin yang memiliki legitimasi kualitas dan kemampuan yang mampu duduk di parlemen," paparnya. (ina/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO