Rabu, 17 Juli 2019 12:41

Wisatawan Telaga Ngebel Turun 30 Persen

Selasa, 04 Juli 2017 23:44 WIB
Editor: Rizki Daniarto
Wartawan: Yahya
Wisatawan Telaga Ngebel Turun 30 Persen
Kepala Dinas Pariwisata Ponorogo, Sapto Jatmiko.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Selama liburan Lebaran, jumlah pengunjung Telaga Ngebel yang menjadi salah satu tujuan wisata di Ponorogo mengalami penurunan yang cukup drastis.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Ponorogo Sapto Jatmiko, jumlah pengunjung pada libur Lebaran pada tahun ini menurun hingga 30 persen dibandingkan jumlah pengunjung pada tahun 2016.

Ia menuturkan, pendapatan yang masuk dalam lima hari terakhir, yaitu hanya Rp 40 juta. Sedangkan pada periode yang sama pada tahun 2016, pendapatan dari Telaga Ngebel yang masuk ke kas daerah mencapai Rp 60 juta.

“Ada penurunan yang cukup signifikan pada libur Lebaran tahun ini,” kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/7).

Padahal, menurut dia, momen libur Lebaran menjadi salah satu kesempatan bagi pemerintah untuk menggenjot sumber pendapatan dari sektor pariwisata. Pada hari biasa, dalam sepekan pemerintah hanya bisa menyetor pendapatan dari Telaga Ngebel sekitar Rp 6 juta.

Menurut Sapto, penurunan pengunjung ini dipengaruhi berbagai faktor, antara lain bencana alam. Peristiwa bencana alam tanah longsor di Kecamatan Pulung beberapa bulan lalu secara tidak langsung juga berdampak pada tingkat kunjungan wisata di Ngebel.

“Sejak bencana itu terjadi, banyak isu yang beredar bahwa setelah Pulung nanti ke Ngebel. Dan isu tersebut ternyata juga dipercaya masyarakat,” ujar dia.

Selain faktor bencana alam, akses jalan yang rusak juga dianggap menjadi penyebab turunnya jumlah pengunjung. Sapto mengakui akses menuju ke Telaga Ngebel banyak yang rusak dan kondisi tersebut membuat wisatawan enggan untuk berwisata ke tempat tersebut.

Meski mengalami penurunan pengunjung, ia meyakini target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata, yaitu senilai Rp 1 miliar bisa terealisasi hingga akhir tahun 2017. Saat ini realisasi PAD sudah mencapai 50 persen. (yah/rd)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Sabtu, 06 Juli 2019 15:08 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...