Sabtu, 16 November 2019 08:04

Perhutani Akhirnya Restui Pengembangan Wisata Gunung Beruk

Selasa, 28 Maret 2017 21:46 WIB
Wartawan: Yahya
Perhutani Akhirnya Restui Pengembangan Wisata Gunung Beruk
Para pemangku kepentingan berpose bersama di tempat wisata Gunung Beruk. foto: YAHYA/ BANGSAONLINE

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Polemik tentang pengelolaan kawasan wisata Gunung Beruk, Desa Karang Patihan, Kecamatan Balong berakhir sudah. Pihak Perhutani yang memiliki lahan tempat tersebut mempersilakan pihak Desa Karang Patihan untuk mengembangkan tempat tersebut untuk dijadikan kawasan wisata. Hal tersebut disampaikan oleh ADM KPH Lawu Ds, Yono Cahyono yang hadir dalam rembuk bersama di tempat wisata Gunung Beruk, Selasa (28/03).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua Pokdarwis Ponorogo, Anam Ardyansyah, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan Ponorogo, Agus Bimo Aji, Kepala Desa Karang Patihan, Eko Mulyadi dan Karang Taruna Desa Karang Patihan.

Yono Cahyono mengungkapkan pihaknya merestui pengembangan wisata Gunung Beruk karena berharap wisata tersebut nantinya bisa memberikan kontribusi dan pendapatan yang nyata bagi warga masyarakat sekitar.

“Untuk itu Perhutani membuka diri sehingga tercipta kerja sama yang baik, sedangkan untuk permasalahan yang kemarin sudah clear dan selesai,” tegas Yono.

Untuk langkah ke depan, Yono Cahyono mengatakan akan dilakukan MoU sehingga hak dan kewajibannya masing-masing dapat terpenuhi.

"Intinya saya berharap masyarakat di sekitar Gunung Beruk dapat makmur dan sejahtera," sambung pria asal Majalengka tersebut.

"Target Mou yang akan kita laksanakan paling lambat satu bulan ini sudah bisa dilakukan, kemudian akan dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang mengatur hal teknis, termasuk bagi hasil dan lain sebagainya. Pokoknya secepatnya kita lakukan supaya semua pihak terutama masyarakat dapat merasa tenang," pungkas Yono Cahyono.

Sementara Ketua Pokdarwis Ponorogo, Anam Ardiansyah, menyampaikan apresiasi atas kesepakatan yang telah dicapai antara Perhutani dengan pengelola wisata setempat.

“Kita menyambut gembira dengan arahan ADM KPH Lawu yang sangat memberikan keleluasaan kepada kita untuk mengembangkan potensi wisata alam yang sebagian besar lahannya dimiliki oleh Perhutani”, ujar Anam.

"Tentunya kita akan mengikuti regulasi dan aturan yang ada sehingga semua pihak dapat berjalan sesuai dengan koridornya dan kita sebagai pelaku wisata dapat mengembangkan secara maksimal dalam mengelola kawasan wisata sebagai upaya mendukung Program Bupati Ipong Muchlissoni untuk meningkatkan PAD Ponorogo dari sektor wisata dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ponorogo," pungkas Anam.

Ketua LMDH Ponorogo, Agus Bimo Aji juga menyambut gembira atas kerja sama yang telah dilakukan, dan mendukung upaya Pokdarwis dalam mengembangkan wisata di Ponorogo.

“Kita akan bekerja sama dan terus berkoordinasi dengan semua pihak termasuk Pokdarwis supaya hutan dan desa yang memiliki potensi wisata dapat dikembangkan dengan baik sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Agus. (yah/rev)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...