Protes Harga Telur Anjlok, Peternak di Blitar Bagikan 1 Ton Telur dan Ribuan Ingkung Ayam

Protes Harga Telur Anjlok, Peternak di Blitar Bagikan 1 Ton Telur dan Ribuan Ingkung Ayam Aksi ribuan peternak ayam di Kabupaten Blitar yang memprotes anjloknya harga telur. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sekitar tujuh ribu peternak kabupaten membagi-bagikan telur gratis kepada pengguna jalan didepan kantor sekretariat Pemkab di jalan raya Kanigoro, Selasa (07/03). Tak hanya itu mereka juga membawa sekitar 2.500 ingkung ayam untuk dimakan bersama.

Aksi bagi-bagi telor dan ingkung ayam tersebut dilakukan para peternak yang tergabung dalam PPRN (Paguyuban Peternak Rakyat Nasional) kabupaten sebagai keprihatinan atas anjloknya harga telur selama empat bulan terakhir.

Rofi Asifun, ketua PPRN kabupaten mengatakan acara tersebut digelar sebagai bentuk kesedihan dan keprihatinan peternak atas anjloknya harga telur. Sehingga dengan sedekah dan doa bersama, diharapkan ke depan harga telur akan kembali normal. "Dengan sedekah dan doa bersama kita berharap ke depan harga telur bakal segera kembali normal," papar Rofi Yasifun.

Menurutnya harga telur saat ini anjlok jauh di bawah harga standar yakni Rp 16.000 per kilogramnya, menjadi Rp 13.000 per kilogramnya. Padahal harga di pasaran saat ini masih dijual dengan harga Rp 18.000 per kilogram. Dengan anjloknya harga tersebut, peternak kebingungan karena harga jual telur tidak bisa menutup biaya pakan.

"Bahkan keadaan seperti ini sudah berjalan sejak Desember 2016 lalu, dan jika ini terus berlanjut kita bisa terancam gulung tikar (bangkrut)," imbuhnya.

(BACA JUGA: Resah, Peternak Boikot Produk Pakan Pabrikan)

Lihat juga video 'Digiring Maling, Ratusan Bebek Milik Warga di Blitar Raib':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO