Waspada, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Bakal Landa Jawa Timur

Waspada, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Bakal Landa Jawa Timur Ratusan hektar tanaman padi di Desa Pomahan, Kecamatan Baureno, Bojonegoro roboh setelah disapu angin kencang, kemarin. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Cuaca ekstrem bakal menyelimuti beberapa wilayah di Jawa Timur. Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangploso, Malang, pada Minggu (15/1/2017) ini, hujan lebat disertai angin kencang bakal menerjang beberapa wilayah. Selain hujan lebat dan angin, petir juga diprediksi akan terjadi bersamaan hujan.

Sementara beberapa Kota/Kabupaten di Jawa Timur itu antara lain, Bojonegoro, , , Jombang, Ngawi, Nganjuk, Sidoarjo, Surabaya, , Bangkalan, , , , , dan Pasuruan.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo menjelaskan, cuaca ekstrem itu diprediksi akan berlangsung selama dua minggu ke depan. Oleh karena itu, seluruh masyarakat Bojonegoro diimbau selalu waspada sebelum hujan turun.

"Angin kencang rata-rata terjadi sebelum turun hujan. Kemudian saat hujan berlangsung biasanya disertai petir," ungkapnya.

Selama sepekan ini, angin kencang bahkan puting beliung telah menerjang beberapa kecamatan di Bojonegoro. Wilayah yang diterjang angin itu berada di timur Bojonegoro, tepatnya di Kecamatan Sumberjo, Kanor dan Baureno. Hingga kini tercatat ada sebanyak 8 rumah roboh dan ratusan rusak baik sedang maupun berat.

"Pohon-pohon di pekarangan rumah warga dan di jalan-jalan juga banyak yang roboh. Selain itu tanaman padi di beberapa wilayah juga mengalami roboh dan rusak akibat diterjang angin. Beruntung belum ada korban jiwa, mudah-mudahan tidak ada," paparnya. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO