Kamis, 20 Februari 2020 00:35

Jalur Pantura Rusak, Proyek Pemasangan Pipa Gas PGN Dihentikan

Selasa, 03 Januari 2017 15:21 WIB
Jalur Pantura Rusak, Proyek Pemasangan Pipa Gas PGN Dihentikan
Pipa gas PGN diletakkan oleh warga di bahu Jalan Daendels sebagai protes rusaknya jalan. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kerusakan jalan pantura, mulai Kecamatan Manyar, Bungah, Sidayu, Ujungpangkah dan Panceng yang kian parah saat musim hujan, tampaknya bukan hanya berimbas bagi para pengguna jalan. Proyek yang berada di kanan kiri jalan tersebut pun dihentikan. Di antaranya, proyek pemasangan pipa gas milik PT. PGN (Perusahaan Gas Negara).

Proyek yang dikerjakan oleh PT. PP (Pembangunan Perumahan) itu dihentikan sejak November 2016 lalu, karena kondisi medan yang tak memungkinan untuk diteruskan pengerjaan. "Ya benar, proyek pipanisasi gas PGN yang dikerjakan  PT. PP berhenti," kata Humas PT. PP, Sunyoto saat dihubungi BANGSAONLINE.com melalui telepon sululernya, Selasa (3/1).

Sebab, lanjut Sunyoto, kondisi tanah di sekitar jalan pantura tepatnya jalan Daendels tak memungkinkan untuk dilanjutkan pengerjaan. "Tanahnya sangat gembur, mudah longsor. Karena itu proyek tidak bisa dilanjutkan saat ini," jelasnya.

Ditegaskan Nyoto, begitu panggilan akrabnya, ketika musim hujan seperti ini kondisi tanah tersebut sangat tidak mungkin untuk dikeruk guna pemasangan pipa. "Kami khawatir tanah longsor sehingga mengakibatkan jalan pantura ikut ambrol. Karena itu, pemasangan pipa sementara waktu dihentikan," terangnya.

Nyoto menjelaskan, sesuai kontrak, pemasangan pipa gas ini dikerjakan mulai Kecamatan Manyar hingga Bungah dengan panjang 11 km dan diameter 24 inci. "Hingga saat ini proyek pemasangan pipa yang telah dilakukan sudah sepanjang 9 km lebih. Sehingga, masih kurang 2 km lebih," ungkapnya.

Pengerjaan tersebut sesuai kontrak seharusnya sudah rampung akhir Desember 2016. "Pimpinan kami sudah mengajukan adendum untuk perpanjangan kontrak," jelasnya.

"Seharusnya, pada awal Januari tahun ini start kelanjutan pengerjaan pemasangan pipa gas dilakukan. Namun, belum bisa dilakukan karena kondisi musim hujan," imbuhnya.

Ditanya soal kerusakan jalan di sekitar pengerjaan proyek pipa, Nyoto mengaku pihaknya tidak akan tinggal diam. "Kami terus melakukan perbaikan jalan yang rusak," janjinya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Rabu, 19 Februari 2020 23:52 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji di...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...