Gempa Berkekuatan Sedang Guncang Pacitan

Gempa Berkekuatan Sedang Guncang Pacitan Chudori

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gempa tektonik berkekuatan sedang mengguncang Pacitan dan sekitarnya. Gempa tersebut berlangsung dua kali dalam sehari. Guncangan pertama berlangsung sekira pukul 07.45 WIB, sedangkan getaran gempa kedua terjadi pada pukul 11.52 WIB dengan kekuatan gempa sebesar 4,3 pada skala richter (SR).

Gempa tersebut berepisentrum di 8,730 LS dan 111,350 BT dengan kedalaman gempa 36 km di dasar laut. "Peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan kuat/lemah dirasakan di daerah Pacitan, dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau ( I-II MMI). Di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan oleh beberapa orang," kata Ratna Budiono, Kasi Kesiapsiagaan dan Bencana BPBD Pacitan, Selasa (11/10).

Atas terjadinya guncangan gempa tersebut, masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD serta BMKG. Khususnya masyarakat di daerah pesisir Pacitan diimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng. Dalam hal ini Lempeng Indoaustralia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempabumi," timpal Chudori, Kepala BMKG Sawahan, Nganjuk, saat dikonfirmasi melalui ponselnya. (pct1/yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO