Rabu, 08 April 2020 08:59

7 Oknum Selewengkan Dana PD Pasar, 3 Orang Langsung di SP3, 1 Orang Dilaporkan ke Polisi

Kamis, 15 September 2016 14:02 WIB
7 Oknum Selewengkan Dana PD Pasar, 3 Orang Langsung di SP3, 1 Orang Dilaporkan ke Polisi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kasus penyelewangan dana di tubuh Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya Kota Surabaya terus bergulir. Kasus ini bermula adanya beberapa karyawan yang melaporkan bahwa ada sejumlah kepala pasar yang memiliki kekayaan cukup fantastis.‎

Humas PD Pasar Surya, Novy Ispinari mengatakan bahwa terkuaknya kasus tersebut karena ada laporan bahwa ada para kepala pasar yang memiliki apartemen dan mobil mewah.

"Ada laporan yang mengatakan bahwa ada para kepala pasar yang mampu membeli apartemen dan mobil mewah. Setelah kita audit ternyata betul ada penyelewengan,“ ujar Novy Kamis (15/09) Siang.

Novi menambahkan, dari hasil audit tersebut, perusahaan telah melakukan audit internal melalui Satuan Pengendalian Internal (SPI) yang menyebutkan bahwa terjadi penyelewangan dana sebesar Rp. 368,186,005 yang dilakukan oleh tujuh oknum dan terjadi dalam kurun waktu satu tahun.

“Pihak SPI telah melakukan pemeriksaan dan ternyata ada penyelewengan dana sekitar Rp. 368,186,005, dan sudah ada prosesnya yakni SP3 tiga orang dan satu orang telah dilaporkan ke Polrestabes serta tiga orang menjalani proses pemeriksaan awal SPI,“ imbuh Novy.

Dijelaskan pula oleh Novy para kepala pasar dan petugas juru tagih pasar ini melakukan penyelewengan dana setoran retribusi pasar dan iuran bulanan serta bea balik nama.

“Penyelewengannya gak semua layanan pasar, ada bea balik nama dan heregistrasi, yakni pasar Kupang, pasar Baba’an dan pasar Keputran,” paparnya.

Pasar Wonokromo satu orang, Pasar Kembang Tiga orang, Pasar Keputran Selatan satu orang, Pasar Kupang satu orang, Pasar Baba’an masing-masing juga satu orang.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana secara terpisah mengatakan, audit keuangan PD Pasar Surya juga perlu dilakukan. Tim audit keuangan nanti akan dilakukan oleh Badan Pengawas BUMD, Asissten Sekkota dan Badan Pemeriksaan Keuangan Pemerintahan (BPKP).

“Karena statusnya adalah Perusahaan Daerah (PD) maka harus di audit secara detail, supaya tak semakin membesar,” terang Whisnu, (yul/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...