Kejari Sidoarjo bakal Dampingi 322 Desa se-Sidoarjo dalam Pengunaan Dana Desa

Kejari Sidoarjo bakal Dampingi 322 Desa se-Sidoarjo dalam Pengunaan Dana Desa Kejari Sidoarjo saat menggelar pertemuan dengan Pemda, Camat dan perwakilan Kades untuk melakukan pengawalan pengunanaan Dana Desa (DD) tahun 2016. foto: nanang ichwan/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 322 Desa se-Sidoarjo tidak perlu khawatir dalam mengunakan Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat. Pasalnya, Kejaksaan Negeri Sidoarjo akan memberikan pendampingan dalam pengawalan, pengamanan dan pendampingan hukum dalam pengunaan Dana Desa Tahun 2016.

Hal ini diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo HM. Sunarto SH. Ia mengatakan pihaknya mempunyai program pendampingan berupa pengamanan, pengawalan dan pendampingan hukum dalam pengunaan dana desa tahun 2016 ini.

"Kami nyatakan mendampingi pengunaan dana desa tahun anggaran 2016 ini," ujarnya saat melakukan pertemuan dengan Kades, Satauan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Pemdes dan Bagian Hukum Setdakab yang dilaksanakan di ruang outdoor Kajari Sidoarjo, kemarin (25/4).

Sunarto menyatakan pendampingan ini dilakukan sebagai pencegahan tindak pidana, supaya tidak ada lagi kepala desa maupun perangkatnya yang melakukan tindak pidana korupsi dalam mengunakan dana desa.

"Saya tidak mau dengar lagi tahun 2016 ini masih ada tindak pidana korupsi dari desa. Makanya kami melakukan pendampingan. Ini sebagai bukti bahwa kejaksaan tidak hanya melakukan penindakan saja, tetapi juga ada pencegahan," ungkapnya didampingi Kasi dan Kasubbag .

Mantan Kajari Jombang itu menyebutkan, sekitar 60 persen dari kepala desa mupun perangkat desa di Sidoarjo di tahun 2015 terjerat tindak pidana korupsi. "Oleh sebab itu, tahun 2016 ini saya tidak mau mendengar ada dugaan tindak pidana korupsi," terangnya.

Dalam pengawalan, ungkap Mantan Aspidsus Gorontalo itu, pihaknya menerjunkan tim yang terdiri dari tiga seksi yakni seksi intelejen, seksi pidana khusus (pidsus) dan seksi data dan tuntutan (datun) yang diketuai oleh Kasi Intel Suhartono SH.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO