Progres Pembangunan Jembatan Kenjeran, Nelayan Minta Kearifan Lokal Dipertahankan

Progres Pembangunan Jembatan Kenjeran, Nelayan Minta Kearifan Lokal Dipertahankan Sunset kenjeran. foto: satriyaprayoga

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Progres pembangunan Jembatan Kenjeran sudah 65 persen. Namun, hingga saat ini nelayan sekitar Kenjeran tidak tahu rencana apa yang ada di balik pembangunan jembatan itu.

Menurut Ketua Kelompok Nelayan Nambangan Kenjeran, Sumali, pihaknya tidak yakin dengan mimpi pemerintah membangun kawasan Kenjeran akan memberikan manfaat bagi nelayan.

"Hal itu sudah terbukti berdirinya SIB (Sentra Ikan Bulak) yang saat ini mangkrak," katanya seperti dikutip suarasurabaya, Rabu (4/11/2015). Menurut Sumali, hal ini disebabkan cara pemerintah kota yang mengggunakan kebijakan top down dalam pembangunan.

"Masyarakat tidak diajak komunikasi sebelumnya dan bahkan sampai saat ini tidak tahu desainnya kayak apa. Itu terjadi sejak pembangunan SIB dulu," katanya.

Karena tidak ada sosialisasi, kata Sumali, maka nelayan saat ini ketakutan bila adanya penggusuran atau pengusiran secara bertahap nantinya.

Menurut Sumali, kampung nelayan yang ada di kawasan Kenjeran sebanyak 10 kampung, yaitu, Banjarejo, Tambak Wedi, Nambangan, Cumpat, Kenjeran, Kejawan Lor, Kalitinjang, Sukolilo, Larangan, dan Kalisari.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO