Bapemas Blitar Pastikan Dana ADD dan DD Tahap II segera Cair

Bapemas Blitar Pastikan Dana ADD dan DD Tahap II segera Cair Kepala Bapemas Kabupaten Blitar memberikan sosialisasi tentang ADD dan DD kepada pemerintah desa. foto: tri susanto/BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Blitar yang ada di beberapa desa bakal segera merasakan kucuran dana ADD (Alokasi Dana Desa) dan DD (Dana Desa). Anggaran ini akan dimanfaatkan untuk pelaksanaan pembangunan di desa yang ada.

Pencairan ini merupakan tahap ke dua. Setidaknya ada 14 desa yang akan menerima kucuran dana ini. Untuk mendapatkan pencairan dana, setiap desa harus memenuhi beberapa persayaratan yang telah ditentukan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Blitar Drs Agus Santoso berharap, pencairan dana desa bisa berjalan dengan lancar. Sehingga anggaran yang ada bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pembangunan di masing-masing desa.

‘‘Jadi saya mengharapkan desa-desa yang belum mengusulkan pencarian dana, segera mengajukan permohonan dengan disertai persaratan untuk tahap ke dua ini. Perlu diketahui bahwa pencairan dana ADD maupun Dana Desa tidak ada kaitanya dengan PAK beberapa waktu lalu,’’ jelas mantan Camat Ponggok ini.

Dijelaskanya, proses penganggaran dana ADD telah dilakukan sejak awal tahun. Sehingga pencairan tidak terkait dengan adanya PAK. Kalau pun ada jadwal penganggaran yang tidak sesuai maka hal itu hanya akan berpengaruh pada APBDes Perubahan (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Perubahan).

Menurut Agus, ada beberapa Desa yang harus merubah rencana dalam APBDes. Karena ada perencanaan yang tidak sesuai dengan target, maka harus dirubah dalam APBDes Perubahan. ‘’Semisal ada pembangunan jalan desa, ternyata rencana pembangunan jalan dialihkan untuk membangun jembatan, untuk itu harus dirubah dalam PAK Desa,’’ tambahnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO