GMNI Demo DPRD Kabupaten Malang

GMNI Demo DPRD Kabupaten Malang Puluhan anggota GMNI saat melakukan demo di DPRD Kabupaten Malang. (foto: tuhu priyono/BANGSAONLINE)

MALANG, BANGSAONLINE.com - Puluhan mahasiswa yang terbagung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia () Selasa (26/5) melakukan demo di DPRD Kabupaten Malang. Mereka mengangkat isu umum, yakni meminta pemerintah mewujudkan ekonomi kerakyatan sesuai dengan pasal 33 UUD 45.

Demo yang dikoordinir Ahmad Rudiansyah selaku Komisariat AL Qolam meminta kepada pemerintah untuk menghapus semua undang-undang liberalis yang bertentangan dengan pasal 33 UUD 1945.

Selain itu mereka juga punya tuntutan yang lebih besar, yakni mereka minta me-nasionalisasikan aset dan produksi yang dikuasai asing, seperti UU No.1 /1967 (UU PMA) yaikni UU Migas, Tambang, Perkebunan, Pertanian, Perikanan dll terutama usaha yang sangat vital.

Tuntutan lain, mereka minta pemerintah melaksanakan UUPA (Undang-undang Pokok Agraria) agar pemerataan tanah kepada rakyat bisa tercapai. Kedaulatan pangan juga menjadi bahan orasi para mahasiswa Malang ini.

Setelah orasi selama 2 jam, Wakil ketua DPRD Unggul Nugroho, merespon demo mahasiswa. Unggul menyatakan mendukung sepenuhnya apa yang menjadi tuntutan mahasiswa.

“Saya sangat setuju dengan tuntutan . Saya persilahkan pada kesempatan lain para mahasiswa itu untuk dilakukan audensi dengan anggota DPRD lainnya tentu dengan suasana yang lebih kondusif,” ujar Unggul. (thu/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO