Begini Pesan Gubernur Khofifah saat Peringati World Heart Day

Begini Pesan Gubernur Khofifah saat Peringati World Heart Day Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat memberangkatkan 1.300 peserta fun bike. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, memberangkatkan 1.300 peserta fun bike, Minggu (25/9/2022). Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati World Heart Day (Hari Jantung Dunia), sekaligus menjadi rangkaian HUT Emas atau HUT ke-50 IKA Unair. 

"Saya rasa ini bagian yang berseiring, bagaimana kita senam kesegaran kesehatan jasmani, ya segar, ya sehat. Apa saja yang bikin kita sehat saya rasa akan baik untuk kita semua. Salah satu sumber kebahagiaan adalah olahraga. Bukan hanya bisa menjadi sehat, tapi juga bahagia," ujarnya kepada awak media.

"Kebetulan saya sebagai Ketua IKA Unair. Tahun ini adalah ulang tahun emas Ikatan Alumni Unair. Kita sinergi bersama-sama, sehingga apa yang bisa kita lakukan, Insya Allah bisa lebih signifikan. Di sini banyak layanan kesehatan jantung, monggo (silakan) teman-teman bisa cek kesehatan jantungnya," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Sekjen Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Pusat, Novi Ariwibowo, mengaku pihaknya lebih promotif pada tahun ini. Khususnya, untuk sosialisasi gaya hidup sehat dengan olahraga teratur.

"Kita kampanye gaya hidup sehat salah satunya dengan menjaga makanan, olahraga senam jantung, sepeda, jalan dan lari. Selain olahraga juga pola makan hidup sehat, tidak merokok, harus menghadapi stres dan cek kesehatan teratur. Hari ini ada senam dan sepeda," kata Novi.

Selain giat bersepeda, ada 600 peserta yang mengikuti senam jantung. Wakil Rektor Akademik Mahasiswa dan Alumni Unair, Prof Bambang Sektiari Lukiswanto, berterima kasih kepada alumni Unair dari berbagai daerah yang turut memeriahkan acara.

"Terima kasih kepada para alumni di beberapa wilayah, ada dari cabang Malaysia, USA, dan Lamongan. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan pagi ini bisa menjamin kesehatan kita menjadi masyarakat Jatim yang sehat dan segera bangkit lebih kuat," ucap Plt Rektor Unair itu.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr Agus Subagjo SpPJ sekaligus Ketua Panitia Acara World Heart Day-Indonesia Heart Bike 2022 menjelaskan, acara kali ini intinya mengolahragakan masyarakat dengan cara gowes bersama, karena saat ini tren gowes.

"Selain gowes, ada simulasi pertolongan henti jantung mendadak, karena beberapa kali di medsos orang gowes pingsan di jalan dan tidak tertolong. Kita latih orang awam bagaimana caranya melakukan pertolongan pertama. Tidak hanya minyak angin, tapi juga pijat jantung luar. Ada skrining jantung, skrining gangguan irama jantung dan konsultasi kalau ada problem jantung," urai Agus. 

"Kami juga mengundang kelompok anak penyakit jantung bawaan, baik yang sudah operasi maupun belum. Jantung bawaan masih banyak. Kematian penyakit jantung paling banyak adalah jantung koroner. Prioritas melakukan promosi bagaimana mencegah penyakit jantung, dan bagaimana kalau terjadi sakit dan serangan jantung. Jadi, jangan sampai terlambat, segera cari pertolongan ke RS," pungkasnya. (dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO