Kamis, 29 Juli 2021 15:06

Kunker ke Malang, Presiden Jokowi Tinjau Penanganan Dampak Bencana Gempa Bumi

Kamis, 29 April 2021 18:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Tuhu Priyono
Kunker ke Malang, Presiden Jokowi Tinjau Penanganan Dampak Bencana Gempa Bumi
Presiden Jokowi memberikan pernyataan resmi dari samping mushola yang rusak akibat guncangan gempa di Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Malang, tepatnya di Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kamis (29/4) sore.

Didampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M., Jokowi meninjau kondisi terakhir penanganan warga terdampak gempa bumi beberapa waktu lalu.

Majang Tengah dipilih dalam kunjungan ini karena merupakan salah satu dari sejumlah lokasi terdampak gempa bumi di Kabupaten Malang. Di lokasi ini, Presiden juga meninjau tenda trauma healing, dapur umum, tenda pengungsi, hingga perkembangan pembangunan rumah sementara bagi warga terdampak yang digagas Pemerintah Kabupaten Malang.

Turut serta dalam kunjungan ini, di antaranya Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Sekretaris Kabinet Pramono Agung.

BACA JUGA : 

Dipermalukan, Menteri Kesehatan Bakal Mundur atau Bertahan?

Biaya Atasi Covid-19 Habis Rp 1.050 Triliun, Tapi Terhibur Baliho Mbak Puan, Maksudnya?

Gelaran ​Vaksinasi Massal Pelajar Serentak se-Indonesia Turut Dipantau Presiden Jokowi

Efektivitas PPKM Darurat, Menunggu Keajaiban Luhut BP?

Usai melakukan peninjauan, Presiden Jokowi memberikan pernyataan resmi dari samping mushola yang rusak akibat guncangan gempa berlokasi di tengah perkampungan warga.

"Sore ini saya berada di Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, untuk meninjau gempa bumi yang terjadi beberapa hari yang lalu. Tadi saya sudah mendapatkan laporan kerusakan khusus untuk yang di Kabupaten Malang. Ada 1.716 rumah, baik yang rusak berat, sedang, dan ringan," terang Presiden Joko Widodo dalam keterangan resminya dari Majang Tengah.

Jokowi menjamin, semua kerusakan dampak dari bencana gempa bumi akan dibantu Pemerintah Pusat. Ia lantas merinci, untuk rumah rusak berat akan dibantu Rp 50 juta, rusak sedang dibantu Rp 25 juta, dan yang rusak ringan dibantu Rp 10 juta. Begitu juga untuk fasilitas umum yang rusak seperti bangunan musala, masjid, atau lainnya, juga akan dibangun kembali. 

"Dengan ini, saya kira kita ingin agar kehidupan bisa normal kembali. Dan, kita harapkan semuanya nanti yang terdampak gempa di Kabupaten Malang, semuanya sudah segera mulai dikerjakan dalam bulan-bulan Mei ini," pungkas Presiden. 

saat memberikan keterangan didampingi Ketua DPR RI, Menteri PUPR, Sekretaris Kabinet, Gubernur Jatim dan Bupati Malang juga akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR. 

Usai dari Desa Majang Tengah, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan ke Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran untuk meninjau panen padi varietas IPB 3S. (thu/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...