Kamis, 29 Juli 2021 16:26

Jelang Pilkades Serentak Bangkalan, Saatnya Generasi Millenial Jadi Akselerator Pembangunan

Minggu, 07 Maret 2021 02:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
Jelang Pilkades Serentak Bangkalan, Saatnya Generasi Millenial Jadi Akselerator Pembangunan
Surokim.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pilkades Serentak Kabupaten Bangkalan Tahun 2021 yang digelar digelar 5 Mei mendatang diharapkan menjadi ajang generasi millenial untuk muncul sebagai pionir pembangunan di desanya masing-masing. Hal ini dilontarkan Surokim, pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura.

"Saatnya sosok muda millenial yang perlu membangun desa, anak muda visioner serta progresif, dan anak muda millenial menjadi akselarator pembangunan desa," ujar Surokim saat dihubungi BANGSAONLINE.com via sambungan telepon.

Menurutnya, anak muda yang kreatif bisa menjadi penggerak pembangunan desa. "Anak muda millenial kaya akan ide, ide generasi millenial yang out of the box dan inovatif," katanya.

Diketahui, ada 120 desa di Bangkalan yang bakal menggelar pilkades tahun ini. Sementara bakal calon kepala desa yang mendaftar ada 412 orang.

BACA JUGA : 

Resmi Dilantik, Kades Kelbong Siap Laksanakan Amanat Bupati Bangkalan

Digelar Secara Langsung dan Virtual, Bupati Bangkalan Lantik 111 Kepala Desa Terpilih

Bulog Bangkalan Salurkan 74.837 Ribu Ton Beras ke Penerima PKH dan BST

Terima Laporan PMII Bangkalan Soal Temuan Jual Beli Bansos, Begini Respons Bupati

Surokim mengapresiasi partisipasi masyarakat Bangkalan dalam pilkades kali ini. Kata dia, banyaknya bakal calon pilkades menunjukkan demokrasi semakin terbuka.

"Semakin tingginya partisipan sebagai bukti sekat-sekat mulai terbuka, bahkan budaya semakin terkikis. Sebelumnya budaya mobilisasi, sekarang lebih ke partisipatif," ucap Surokim yang juga Dekan FISIB UTM ini, Sabtu (6/3/2021).

Namun, ia meminta kepada penyelenggara dalam hal ini Pemkab Bangkalan, agar menjunjung tinggi prinsip penyelenggaraan pilkades yang jujur dan adil. "Jangan sampai penyelenggara memihak," pesannya.

"Hal ini mengingat suhu rivalitas pilkades semakin tinggi, walaupun rivalitas pilkades kali ini tidak sekeras rivalitas head to head. Banyaknya calon akan dapat meredam rivalitas," pungkasnya. (uzi/zar/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...