Ini Lima Tips Untuk Menjaga Agar Jantung Tetap Sehat

Ini Lima Tips Untuk Menjaga Agar Jantung Tetap Sehat Ilustrasi. foto via maxmanroe.com

BangsaOnline - Penyakit jantung membunuh 17,1 Juta orang setiap tahunnya di seluruh dunia. Sebelum kita terkena penyakit jantung, menjaga jantung jantung selalu sehat adalah salah satu syarat utama untuk hidup lebih lama.

Menjaga jantung agar tetap sehat bukanlah suatu hal yang mustahil dikerjakan. Lebih mudah ketika kita menjaga kesehatan jantung daripada mengobati ketika sudah terkena penyakit jantung. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga jantung sehat.

Pertama, selalu mengkonsumsi makanan yang ramah jantung yang tinggi serat, protein dan omega 3 seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, susu dan beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna. Hindari sebisa mungkin makanan yang mengandung lemak jahat dan kolesterol seperti lemak daging, gorengan, jeroan, dan kuning telur.

Kedua, teratur berolahraga akan menjaga jantung agar tetap sehat dan kuat untuk menjalankan fungsinya sehari-hari. Tidak perlu berolahraga yang berat dan susah untuk dijalankan. Olahraga kardio seperti jalan kaki, jogging, atau bersepeda selama 30 menit cukup untuk menjaga jantung pada kondisi optimalnya.

Ketiga, jaga berat badan jangan sampai kegemukan. Berat badan yang berlebihan dan ekstra lemak lebih di organ dalam akan memaksa jantung untuk bekerja lebih berat. Pola makan sehat dan olahraga rutin dapat menjaga berat badan kita pada rentang normal. Jika anda kesulitan untuk menjaga berat badan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi anda.

Keempat, berhenti merokok kalau Anda seorang perokok. Sedangkan jika Anda bukan perokok, hindari asap rokok. Asap rokok tidak cuman buruk untuk paru-paru anda, tapi juga untuk jantung anda. Rokok dapat melemahkan dinding pembuluh darah, dan menyumbatnya sehingga dapat mengganggu peredaran darah tidak hanya di jantung, tapi juga di organ lainnya di tubuh.

Kelima, jangan lupa untuk teratur memeriksakan diri ke dokter. Dengan teratur memeriksakan diri, kita dapat mengetahui kondisi terkini dari jantung dan tubuh kita, sehingga jika tidak ada yang beres, bisa langsung ditangani dengan cepat. Hal lain yang harus diperhatikan adalah, segera periksakan diri anda jika anda merasakan nyeri dan sesak pada dada anda.

Kelima hal tersebut jika dilakukan secara konsisten akan berpengaruh cukup signifikan pada kesehatan jantung kita. Ingat, bahwa bagaimanapun juga, mencegah selalu jauh lebih baik daripada mengobati.

Saran lain ialah hindari minuman beralkhol. Meskipun alkohol dapat menurunkan risiko penyakit jantung, tetapi minum terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan gagal jantung atau stroke, kontribusi trigliserida yang tinggi, jantung berdebar-debar, obesitas, alkoholisme, bahkan bunuh diri dan kecelakaan. Minumlah satu atau dua kali per hari untuk kesehatan jantung yang optimal.

Sumber: maxmanroe.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO