Pelaksana Proyek Kali Welang Diminta Selesaikan Permasalahan Lahan Warga Terlebih Dahulu

Pelaksana Proyek Kali Welang Diminta Selesaikan Permasalahan Lahan Warga Terlebih Dahulu Tiga Ketua LSM yang tergabung di Forum Monitoring Kebijakan Publik (Formob) Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ketua LSM Sayap Rakyat, Musa Abidin menyoroti proyek pengendali banjir berupa normalisasi Kali Welang Pasuruan. Ia meminta agar pihak pelaksana, yakni  PT Widya Satria (WS), menyelesaikan permasalahan terkait lahan warga yang terdampak, sebelum melanjutkan pekerjaan.

Senada disampaikan Sugito, dari LSM Pusaka. "Kalau memang ada kompensasi pembebasan lahan, maka seharusnya aspek ini harus sudah terselesaikan di awal sebelum pekerjaan dimulai. Sehingga tidak mengganggu proses fisik pekerjaan," ujarnya.

Pihaknya menilai pelaksanaan proyek itu tidak terstruktur dengan baik, mulai dari penjadwalan pekerjaan sampai pelaksanaan. "Kami akan memonitoring pekerjaan itu sampai selesainya pelaksanaan," kata Sugito. 

Sementara Musa Abidin memprediksi pelaksanaan proyek Kali Welang bakal molor. Hal ini disebabkan proyek dikerjakan saat musim hujan tiba. Padahal, luapan air di Kali Welang cukup tinggi di musim penghujan. 

"Pekerjaan amat ditentukan cuaca dari obyek pekerjaan yang akan dilaksanakannya. Pekerjaan seperti bronjong itu tergantung dari volume air yang ada di sungai. Seperti saat ini, telah turun hujan dan banjir," tukasnya. (ard/par)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO