Hama Tikus Serang Ratusan Hektare Tanaman Jagung di Jombang, Petani Dipastikan Merugi

Hama Tikus Serang Ratusan Hektare Tanaman Jagung di Jombang, Petani Dipastikan Merugi Supri sedang memperlihatkan bekas jagung yang dimakan oleh tikus.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ratusan hektare lahan persawahan di Desa Rejoslamet, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten , Jawa Timur yang ditanami diserang .

Serangan tikus membuat petani di wilayah tersebut hanya bisa mengelus dada. Sebab, diperkirakan mereka gagal panen dan merugi. Selama ini segala upaya sudah dilakukan agar hewan pengerat itu hilang, mulai dari menyemprotkan obat pembasmi dan sebagainya.

Seperti yang dirasakan Supri (55), salah satu petani warga Dusun Banjarsari, desa setempat. Sawah seluas satu hektare miliknya yang ditanami mulai dari usia dua minggu hingga menjelang panen sudah diserang .

“Dari awal sudah diserang. Tikus memakan tanaman yang baru tumbuh. Kemudian saya berikan racun tikus, akhirnya serangannya agak mereda. Sekarang, saat nya mulai berbuah diserang lagi,” ucapnya saat ditemui wartawan di sawah miliknya, Minggu (18/10/20).

“Serangan pada buah ini sangat mengenaskan. Biji di setiap pohon sudah tidak utuh. Rata-rata tersisa setengah, bahkan tak sedikit hanya menyisakan bonggol yang sudah mengering. Saya beri racun dan pernah bersama petani lain melakukan perburuan tikus, tapi hasilnya nol,” imbuh Supri.

Dengan kondisi seperti ini membuat para petani di wilayah tersebut tak bisa lagi berbuat banyak. Sebab, waktu panen tinggal hanya menghitung hari saja, sementara tak bisa dipanen. Bisa dipastikan tahun ini para petani merugi rata-rata hingga 90 persen.

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO