Rabu, 04 Agustus 2021 05:52

Blitar Selatan Berpotensi Tsunami, BPBD Siapkan Tempat Evakuasi di Perbukitan

Jumat, 09 Oktober 2020 16:32 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Akina Nur Alana
Blitar Selatan Berpotensi Tsunami, BPBD Siapkan Tempat Evakuasi di Perbukitan
Blitar Selatan. (foto: ist).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ada 14 desa dari 4 kecamatan di Kabupaten Blitar yang masuk rawan bencana tsunami. Empat kecamatan itu, di antaranya Kecamatan Wates, Kecamatan Wonotirto, Kecamatan Bakung, dan Kecamatan Panggungrejo.

Pemkab setempat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah menyiapkan sejumlah skenario evakuasi warga jika bencana benar-benar terjadi.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Ahmad Cholik mengatakan, ada sejumlah titik evakuasi yang telah disiapkan. Titik-titik tersebut berada di perbukitan, namun masih dekat dengan permukiman penduduk. Salah satu tempat evakuasi yang telah disiapkan adalah perbukitan di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto. Jaraknya hanya sekitar 1,4 kilometer dari permukiman.

"Jalur evakuasi ada di ketinggian radiusnya 1,4 kilo dari permukiman. Jadi kalau durasi gempa itu di atas dua detik itu potensi tsunami sampai ke daratan sekitar 20 menit. Ketika ada tanda tersebut Early Warning System (EWS) kita bunyikan masyarakat masih punya waktu untuk dievakuasi," ujar Cholik, Jumat (9/10/2020).

BACA JUGA : 

Siap Digunakan Pekan Depan, Pemkot Blitar Berharap RS Lapangan GOR Soekarno-Hatta Tak Terpakai

Antisipasi Skenario Terburuk Lonjakan Covid-19 di Kota Blitar, Rumis PGSD Terus Dipersiapkan

Asrama Mahasiswa PGSD Universitas Negeri Malang di Kota Blitar akan Dijadikan Rumah Isolasi Terpusat

Stok Menipis, Wabup Blitar Minta Tambahan Vaksin Melalui Ketua DPD RI

Ia mengatakan, potensi megathrust di selatan Pulau Jawa yang berpotensi menimbulkan gelombang tsunami untuk wilayah Jawa bagian Barat diprediksi mencapai 20 meter. Sedangkan untuk Jawa bagian Timur, termasuk Kabupaten Blitar gelombang tsunami diprediksi setinggi 12 meter, sehingga tempat evakuasi di perbukitan dianggap cukup untuk mengurangi dampak korban jiwa akibat bencana tsunami.

Lebih lanjut, Cholik mengatakan, akses jalan menuju tempat evakuasi kondisinya secara umum baik. Sebagian besar merupakan jalan umum yang sudah diaspal dan bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. "Jalur evakuasi juga sudah siap," imbuhnya.

Selain menyiapkan tempat evakuasi, upaya lain yang dilakukan BPBD dalam meminimalisir dampak bencana adalah intens melakukan sosialisasi. Pihaknya juga telah melakukan uji coba EWS.

"Alhamdulillah EWS bisa berfungsi secara normal, sudah kita tes dan Insya Allah akan berfungsi jika memang potensi itu terjadi," pungkas Cholik. (ina/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Senin, 02 Agustus 2021 11:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...